Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Dukung Pengembangan Wisata Bukit Pinteir, Mahasiswa KKN UBB Buat Inovasi untuk Tarik Wisatawan

Bukit Pinteir menawarkan keindahan alam, memiliki keanekaragaman kekayaan flora dan fauna yang masih cukup terjaga.

Penulis: Sela Agustika | Editor: Novita
Istimewa/Dokumentasi Mahasiswa KKN Bukit Pinteir
Mahasiswa KKN UBB Bukit Pinteir melaksanakan beberapa aktivitas program kerja. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bukit Pinteir merupakan satu di antara destinasi wisata alam yang berlokasi di Kelurahan Kampung Dul, Kabupaten Bangka Tengah.

Destinasi wisata bukit yang menawarkan keindahan alam ini, memiliki keanekaragaman kekayaan flora dan fauna yang masih cukup terjaga.

Guna menjaga kekayaan alam yang dimiliki serta mengembangkan destinasi wisata Bukit Pinteir, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Bangka Belitung lakukan pengembangan produk wisata melalui inovasi-inovasi berkelanjutan yang menjadi daya tarik wisatawan.

Berbagai program kegiatan mulai dari gotong royong tempat wisata Bukit Pinteir, pendataan flora dan fauna di lingkungan Bukit Pinteir, penelitian geosite atau bebatuan sebagai informasi sekaligus edukasi kepada para wisatawan, serta pembuatan website bukit pinter yang menjadi akses bagi wisatawan untuk melihat langsung produk wisata yang ditawarkan.

Program inovasi pengembangan produk wisata ini bertujuan agar pengelolaan wisata Bukit Pinteir berkelanjutan, tetap eksis sehingga menjadi destinasi wisata unggulan yang dilirik wisatawan.

"Kita lakukan progran kerja pengenbangan wisata di Bukit Pinteir ini, karena memang wisata yang dikelolah Pokdarwis setemoat sudah cukup aktif. Di sini kita ingin lebih mengembangkan dan mengemas potensi wisata, baik dari sisi fasilitas, kenyamanan, penyediaan website, dan juga produk wisata agar lebih menarik bagi wisatawan," kata Ketua KKN UBB Bukit Pinteir, Keken Abimarwan, Selasa (8/11/2022).

Dalam program kerja yang berjalan, pihaknya juga telah membuat buku yang berisi data sejarah Bukit Pinteir, adat istiadat, keanekaragam flora dan fauna, dan lainnya, yang menjadi panduan bagi wisatawan saat berkunjung.

"Sejauh ini, program KKN yang kita jalankan sudah ramping hampir 80 persennya, dan masih ada beberapa produk yang nantinya akan kita launching juga," ucapnya.

Keken berharap, melalui program kerja nyata yang telah dilakukan, bisa meningkatkan daya tarik wisatswan untuk berkunjung ke Bukit Pinteir.

"Memang untuk target wisata di sini merupakan kalangan menengah atau banyak didatangi para kelompok atau komunitas sehingga dengan adanya inovasi dan produk wisatawan ini, jadi daya tarik dan bisa bermanfaat untuk pengembangan wisata Bukit Pinter secara berkelanjutan," tuturnya. ( Bangkapos.com/Sela Agustika)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved