Breaking News:

Berita Belitung

Enam DPD APKASINDO Kabupaten Resmi Dilantik, Ero Kusnara : Petani Kelapa Sawit Naik Kelas

Sahurudin melantik dan mengukuhkan pengurus DPD APKASINDO Kabupaten se-Provinsi Bangka Belitung di Hotel Grand Hatika Tanjungpandan,Kamis (10/11/2022.

Penulis: edwardi | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Edwardi
Ketua DPW Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, H Sahurudin melantik dan mengukuhkan pengurus DPD APKASINDO Kabupaten se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Hotel Grand Hatika Tanjungpandan Belitung, Kamis (10/11/2022). 

BANGKAPOS.COM -- Ketua DPW Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, H Sahurudin melantik dan mengukuhkan pengurus DPD APKASINDO Kabupaten se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Hotel Grand Hatika Tanjungpandan Belitung, Kamis (10/11/2022).

Selain itu juga digelar FGD mengenai percepatan Sertifikasi ISPO (Indonesia Sustainable Palm Oil) oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Pengurus yang dilantik, yakni DPD APKASINDO Kabupaten Belitung, Belitung Timur, Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah dan Bangka Selatan.

Kegiatan ini dihadiri perwakilan Pj Gubernur Bangka Belitung, perwakilan Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian Prasetyo Jati, Ketua Harian Pembina DPP APKASINDO Mayjen Purn TNI Ero Kusnara, perwakilan BPDPKS Dwi, perwakilan DPP APKASINDO, perwakilan GAPKI Bangka Belitung Ari, unsur Forkopimda Babel, unsur Forkopimda Belitung dan tamu undangan lainnya.

Ketua DPW APKASINDO Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) H Sahurudin mengharapkan kepada para pengurus DPD APKASINDO Kabupaten yang sudah dilantik untuk segera melaksanakan tugas membantu dan menyerap aspirasi para petani kelapa sawit di daerah masing-masing.

"Kami memohon maaf kepada pak kapolres dan jajarannya, karena sebelumnya di Belitung ini ada beberapa kali aksi unjuk rasa petani kelapa sawit yang menyampaikan aspirasi soal harga TBS kelapa sawit yang anjlok, bahkan tidak laku dijual beberapa bulan yang lalu," kata Sahurudin yang akrab disapa Pahor.

Dilanjutkannya, dengan telah terbentuknya APKASINDO ini membuat suatu kebanggaan, karena selaku petani kelapa sawit telah mampu membantu pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat lewat kebun kelapa sawit ini.

"Kami harapkan ada kerjasama yang baik dari seluruh stakeholder, baik petani plasma, koperasi mitra dan petani non mitra atau petani mandiri supaya bisa meningkatkan kesejahteraan seluruh petani kelapa sawit, sehingga negara kita menjadi sejahtera dan makmur, serta aman dan damai," harap Pahor.

Diungkapkannya, sekitar beberapa bulan lalu wajah para petani kelapa sawit sangat muram, karena harga TBS kelapa sawit anjlok hingga ke titik terendah.

"Alhamdulillah sebulan terakhir ini wajah-wajah petani kelapa sawit mulai ceria kembali dengan tren kenaikan harga TBS kelapa sawit, beberapa hari ini sudah mencapai harga di atas Rp2.500 di pabrik dan dipetani sudah di atas Rp2.000 per kg TBS. Kita ucapkan terima kasih kepada pemerintah dan stakeholder terkait lainnya, semoga harga TBS kelapa sawit terus membaik lagi," harap Pahor.

Ketua DPW Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, H Sahurudin melantik dan mengukuhkan pengurus DPD APKASINDO Kabupaten se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Hotel Grand Hatika Tanjungpandan Belitung, Kamis (10/11/2022).
Ketua DPW Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, H Sahurudin melantik dan mengukuhkan pengurus DPD APKASINDO Kabupaten se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Hotel Grand Hatika Tanjungpandan Belitung, Kamis (10/11/2022). (Bangkapos.com/Edwardi)

Ketua Harian Dewan Pembina DPP APKASINDO, Mayjen Purn TNI Ero Kusnara merasa bangga karena para petani kelapa sawit saat ini sudah naik kelas.

"Untuk bisa lebih maju dan berkembang diharapkan para petani juga harus menanamkan jiwa disiplin, terutama dalam ketepatan waktu karena pekerjaan selalu datang sehingga kita bisa mencapai apa yang diinginkan," kata Ero Kusnara  yang mewakili Ketua Dewan Pembina DPP APKASINDO, Jenderal Purn TNI Moeldoko.

Diungkapkannya, APKASINDO ini didirikan Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian sekitar 20 tahun lalu tentunya memiliki tujuan terkait rasa tanggungjawab dan kekompakan, terutama antara pengurus.

"Kami ucapkan terima kasih kepada BPDPKS yang selalu mendukung APKASINDO dalam berbagai kegiatan, seperti peningkatan SDM dan program kerja APKASINDO lainnya, juga pemerintah daerah dan lainnya," ungkap Ero Kusnara yang bekerja di Kantor Staf Presiden (KSP).

Diungkapkannya, saat ini APKASINDO sudah membentuk koperasi dan juga media massa untuk mengekpose segala kegiatan APKASINDO sehingga bisa dikenal dan ketahui masyarakat luas, khususnya para petani.

"Kita juga terus berjuang untuk menghadapi kesulitan tingginya harga pupuk, pencabutan pupuk bersubsidi kenapa karena petani kelapa sawit saat ini dianggap petani yang mampu, sehingga kita harus bangga," kata Ero Kusnara. 

( Bangkapos.com/Edwardi)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved