Breaking News:

Berita Belitung

HAS Hanandjoeddin Selangkah Lagi Jadi Pahlawan Nasional, Namanya Kini Telah Sampai ke Dewan Gelar

Nama H AS Hanandjoeddin yang telah sampai ke dewan gelar mengisyaratkan tinggal selangkah lagi namanya mendapat pengakuan sebagai pahlawan nasional.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Novita
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Haril M Andersen penulis buku Sang Elang yang merupakan biografi H AS Hanandjoeddin, Kamis (10/11/2022). Upaya memperjuangkan H AS Hanandjoeddin sebagai pahlawan nasional juga tak lepas dari penulis buku biografinya berjudul Sang Elang, Haril M Andersen. 

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Presiden RI Joko Widodo telah menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional Tahun 2022 kepada lima tokoh dari berbagai daerah yang telah berjasa bagi bangsa dan negara, di Istana Negara, Jakarta, Senin (7/11/2022) lalu.

Namun, dari lima nama yang ditetapkan tersebut, belum terdapat nama H AS Hanandoeddin.

Nama H AS Hanandjoeddin bersana Depati Amir diusulkan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung untuk mendapatkan gelar pahlawan nasional sejak tahun 2018

Peringatan Hari Pahlawan 2022 kembali mengingatkan pada upaya memperjuangkan Letnan Kolonel Pas (Purn) H Ahmad Sanusi Hanandjoeddin sebagai pahlawan nasional.

Sekitar empat tahun pascapengusulan, namanya masih belum dikukuhkan sebagai pahlawan. Namanya tak bersanding dengan lima tokoh yang resmi menjadi pahlawan nasional yang ditetapkan Presiden Jokowi pada awal November ini.

Upaya memperjuangkan H AS Hanandjoeddin sebagai pahlawan nasional juga tak lepas dari penulis buku biografinya berjudul Sang Elang, Haril M Andersen.

Menurut pria yang juga Wakil Sekretaris Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Bangka Belitung, tahun ini Presiden Jokowi masih fokus menganugerahkan gelar kepada tokoh perintis kemerdekaan.

"Tapi masyarakat tidak perlu berkecil hati, karena secara de facto, Pak Long Hanandjoeddin sudah menjadi pahlawan nasional, karena dari segi kelengkapan berkas sudah, sehingga telah memenuhi persyaratan, dan kini sampai ke dewan gelar," jelasnya, Kamis (10/11/2022).

Nama H AS Hanandjoeddin yang telah sampai ke dewan gelar mengisyaratkan tinggal selangkah lagi namanya mendapat pengakuan sebagai pahlawan nasional.

Haril menjelaskan, bahwa dari usulan yang disampaikan pada 2018 lalu sempat tertunda karena masih memerlukan kelengkapan data peran Hanandjoeddin semasa bergerilya di Jawa Timur.

Data tersebut lantas dilengkapi dari TNI Angkatan Udara. Ditambah kiprah Hanandjoeddin yang sempat menjabat bupati diperkuat dengan buku yang ditulisnya.

Selain kelengkapan berkas yang telah rampung, dalam proses mengupayakan HAS Hanandjoeddin sebagai pahlawan nasional turut mendapatkan dukungan dari Jawa Timur.

Artinya, ada dua provinsi yang mendukung usulan tersebut, yakni Bangka Belitung dan Jawa Timur.

Persyaratan menjadi pahlawan nasional bukan hal mudah. Makanya, kata Haril, pada seminar yang sempat dilakukan di Manggar, Yusril Ihza Mahendra mengatakan orang Belitung yang layak menjadi pahlawan hanyalah Hanandjoeddin.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved