Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Disperindag Babel Dorong UMKM Lokal Ikutan Mejeng di Ritel Modern 

"Kami dari perdagangan saat ini terus berupaya mendorong kolaborasi tersebut atau kalau dari Menteri Perdagangan disebut melalui

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: Iwan Satriawan
Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Produk lokal UMKM Bangka Belitung yang Ikutan mejeng di Transmart Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Di era modern saat ini, kolaborasi menjadi kunci penting dalam meningkatkan kualitas dan daya saing produk UMKM. 

Oleh karena itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendorong supaya para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjalin kolaborasi dengan lokapasar dan ritel-ritel modern. Tujuannya, agar semakin banyak UMKM yang go digital dan produk yang dapat menembus ritel modern.

Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan yang ingin UMKM naik kelas dan semakin banyak produk UMKM menembus ritel modern.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tarmin menyebut, saat ini memang sudah banyak produk UMKM lokal Bangka Belitung Ikutan mejeng di sejumlah ritel.

Baik produk makanan, minuman, kerajinan dan lainnya.

"Kami dari perdagangan saat ini terus berupaya mendorong kolaborasi tersebut atau kalau dari Menteri Perdagangan disebut melalui program kemitraan UMKM dengan lokapasar dan ritel modern," ujar Tarmin kepada Bangkapos.com, Jumat (11/11/2022).

Namun kata Tarmin, hingga kini baru ada satu ritel modern yang secara khusus menyediakan tempat atau space khusus untuk para UMKM.

"Kalau yang secara resmi bekerjasama dengan kita itu hanya ada Transmart Pangkalpinang. Di sana mereka menyediakan space khusus untuk para UMKM kita memasarkan produknya, sperti getas, kerupuk, kericu, kemepelang, bahkan produk kerajinan juga dan itu gratis," tuturnya.

Diakuinya, memang ada beberapa syarat dan ketentuan untuk para UMKM agar bisa ikutan mejeng di ritel modern tersebut.

"Memang ada beberapa ketentuan produknya, seperti kemasan yang menarik, harga, kualitas dan lain-lain. Nah kita saat ini masih berupaya agar semua produk UMKM bisa dibantu jualan disana, tapi harus bagus dulu. Tapi kami rasa UMKM kita sudah bagus dan banyak yang sudah jualan juga di ritel," tuturnya.

Dia berharap, kedepan dengan berbagai upaya yang dilakukan ini dapat terus meningkatkan nilai jual produk UMKM lokal Bangka Belitung.

Tak Hanya itu, menurutnya ini juga upaya untuk Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI). 

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)


 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved