Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pertani Bagikan Puluhan Paket Sembako, Radmida : Menginspirasi Kaum Perempuan    

Puluhan paket sembilan bahan pokok (Sembako) dibagikan para ibu-ibu yang tergabung di dalam DPC Perempuan Tani (Pertani) Pangkalpinang.

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Fery Laskari
istimewa
Dewan Penasehat Pertani HKTI, Radmida Dawam bersama Ketua DPC Pertani HKTI Kota Pangkalpinang saat memberikan bantuan Gernas di Kelurahan Bukit Besar, Jumat (18/11/2022). Bantuan berupa paket sembako dan uang tunai ini diberikan kepada 50 orang penyandang disabilitas. (Ist Prokopim Iwan) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Puluhan paket sembilan bahan pokok (Sembako) dibagikan para ibu-ibu yang tergabung di dalam Organisasi Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perempuan Tani (Pertani) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Pangkalpinang.

Selain Sembako, santunan berupa uang tunai juga diberikan kepada para penyandang disabilitas di Aula Kantor Lurah Bukitbesar, Pangkalpinang, Jumat (18/11/2022). Penyerahan sendiri dilakukan secara simbolis oleh Dewan Penasehat Pertani HKTI, Radmida Dawam bersama Ketua DPC Pertani HKTI Kota Pangkalpinang, Herlia Andita kepada 10 orang penyandang disabilitas yang hadir.

Radmida Dawam mengatakan, penyaluran paket sembako ini merupakan bagian dari program gerakan nasional HKTI yang mengusung tema ‘Segelas Beras untuk Disabilitas’. Dengan maksud, kepedulian terhadap penyandang disabilitas yang membutuhkan uluran tangan.

“Kegiatan pagi ini adalah Gernas, segelas beras untuk disabilitas,” kata dia kepada  Bangkapos.com usai kegiatan.

Radmida memaparkan, sedikitnya terdapat 50 paket yang dibagikan dimana secara simbolis dibagikan kepada 10 orang yang hadir. Sedangkan 40 paket sisanya akan dibagikan secara door to door atau dari pintu ke pintu di rumah para penyandang disabilitas yang membutuhkan uluran tangan.

Paket sembako yang berisi beras, gula pasir dan mie instan, minyak goreng, susu hingga makan siang ini diharapkan mampu meringankan beban para nelayan yang terdampak pandemi Covid-19. Terlebih saat ini harga sejumlah kebutuhan bahan pokok naik.

“Jadi kegiatan ini adalah Gernas, ada 50 orang hari ini, simbolis sebanyak 10 orang dan 40 orang secara door to door,” jelas Radmida.

Di sisi lain sambung Radmida, sudah banyak menginspirasi kaum perempuan. Dimana pengurus organisasi itu tidak cuma di atas kertas saja tapi harus benar-benar operasional. Namun juga harus menjadi penggerak dalam mewujudkan kesejahteraan petani.

Oleh karena itu, pihaknya juga turut mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Pertani HKTI Kota Pangkalpinang. Karena hal ini menyentuh langsung kepada masyarakat yang sangat membutuhkan.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini semoga HKTI semakin sukses ke depannya. HKTI sudah menginspirasi kaum perempuan di Pangkalpinang,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPC Pertani HKTI Kota Pangkalpinang, Herlia Andita mengungkapkan, gerakan nasional ini adalah bukti kepedulian Perempuan Tani kepada para disabilitas yang ada di setiap daerah. Dimana dalam kegiatan ini, pihaknya bekerja sama dengan dinas sosial untuk meminta data para disabilitas yang telah terdata.

Bantuan ini diberikan atas program Germas Segelas Beras untuk Disabilitas yang dicanangkan Ketua Umum HKTI Jenderal TNI (Purn) Moeldoko.

“Ini instruksi dari pusat Pak Moeldoko untuk melaksanakan kegiatan ini di daerah,” ucap Herlia.

Di Bangka Belitung kata dia, penyaluran bantuan akan dilaksanakan setiap bulan berpindah-pindah kabupaten atau kota. Bahkan pada hari ini penyerahan juga dilakukan serupa di Kabupaten Bangka Barat. Sedangkan pada 21 November 2022 nanti, bantuan akan diberikan ke penyandang disabilitas di Kabupaten Bangka.

Baik diberikan kepada penyandang disabilitas mental, maupun penyandang disabilitas fisik. Dimana tujuannya, tidak hanya peduli tetapi juga empati kepada mereka bukan hanya butuh diperhatikan, dirangkul dan diberdayakan.

Kegiatan ini sendiri sudah dilakukan kedua kalinya di Pangkalpinang. Dimana pertama dipusatkan di Kecamatan Bukit Intan dan kedua di Kantor Lurah Bukit Besar.

“Mudah-mudahan program ini bisa membantu, walaupun tidak banyak yang kita berikan, setidaknya bisa bermanfaat dan meringankan beban,” kata Herlia. ( Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved