Breaking News:

Mahasiswa Hukum UBB Gelar Friday Cleaning Beach di Temberan

Dengan adanya kegiatan ini Jeanne Darc Noviayanti Manik berharap kegiatan ini dapat memberikan kesadaran kebersihan lingkungan pesisir pantai

Editor: Teddy Malaka
Ist
Kegiatan Friday Cleaning Beach Mahasiswa Hukum UBB 

Citizen Reporter, Anggi Safitri, Mahasiswi Hukum UBB

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Berawal dari keprihatinan terhadap kondisi lingkungan yang telah tercemar sampah, salah satu dosen Fakultas hukum Universitas Bangka Belitung Dr. Jeanne Darc Noviayanti Manik, mengadakan kegiatan Friday Cleaning Beach yang diikuti seluruh mahasiswa mata kuliah hukum lingkungan Universitas Bangka Belitung.

Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan menyebabkan destinasi wisata Pantai Tamberan kehilangan sebagian keindahannya oleh tumpukan sampah.

Melihat hal tersebut dosen fakultas hukum UBB Dr. Jeanne Darc Noviayanti Manik, mengajak seluruh mahasiswa untuk sama-sama turun membersihkan sampah yang berserakan di pesisir Pantai Tamberan.

“Perlu adanya aksi bersih pantai sebagai salah satu bentuk usaha untuk menanggulangi pencemaran lingkungan di sekitar pantai," katanya dalam rilis yang diterima Bangka Pos, Selasa (22/11/2022).

Dengan adanya kegiatan ini Jeanne Darc Noviayanti Manik berharap kegiatan ini dapat memberikan kesadaran kebersihan lingkungan pesisir pantai bagi masyarakat sekitar.

"Mahasiswa juga memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa sampah yang dihasilkan memberikan dampak buruk bagi perkembangan biota dan ekosistem kepulauan,” katanya.

Berdasarkan pembersihan yang telah dilakukan oleh sejumlah mahasiswa, sampah yang dominan ditemukan di kawasan pesisir merupakan sampah plastik seperti kemasan makanan, sedotan minuman, serta sendok dan botol plastik yang berserakan.

Sebagian besar plastik yang ditemukan sudah dalam kondisi rapuh dan mudah terurai menjadi butiran – butiran plastik yang lebih kecil.

Hal ini menunjukkan sampah plastik tersebut sudah berada di kawasan pesisir cukup lama dan tidak bisa terurai, meskipun menjadi butiran – butiran kecil yang kita kenal dengan mikroplastik.

“Mikroplastik ini justru lebih berbahaya karena bisa terakumulasi dalam tubuh organisme laut,” kata Anggi Safitri, Mahasiswi Hukum UBB.

Gerakan kegiatan Friday Cleaning Beach selain untuk membersihkan lingkungan pesisir pantai. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa dalam rangka meningkatkan kepedulian dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, meningkatkan kemandirian, keberdayaan masyarakat.

Bagi mahasiswa kegiatan ini bisa menumbuhkembangkan kemampuan untuk melakukan pengawasan sosial dan pengembangkan dan menjaga budaya dan kearifan lokal dalam rangka pelestarian lingkungan hidup.

Dengan Gerakan ini harapannya masyarakat senantiasa menjaga kebersihan serta kelestarian lingkungan pesisir pantai terutama daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang merupakan daerah kawasan pantai.(*)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved