Breaking News:

Berita Sungailiat

Pemkab Bangka Ajukan Kegiatan Statistik di Dua Dinas

Pelatihan Tim Penilai Internal (TPI) Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral Tahun 2022 di Kantor Badan Pusat Statistik (BPS).

Penulis: edwardi | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Edwardi
Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Bangka, Muhtar membuka kegiatan Pelatihan Tim Penilai Internal (TPI) Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral Tahun 2022 di Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bangka, Kamis (24/11/2022) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Bangka, Muhtar membuka kegiatan Pelatihan Tim Penilai Internal (TPI) Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral Tahun 2022 di Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bangka, Kamis (24/11/2022).

Muhtar mengatakan kegiatan ini untuk memanfaatkan, mengelola dan mengevaluasi data statistik sektoral.

Hal ini sesuai dengan pesan Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraan di tahun 2019 lalu, bahwa data lebih berharga daripada minyak.

"Artinya data merupakan hal yang berharga. Apabila tidak dimiliki, tidak dimanfaatkan, tidak dikelola dan tidak dievaluasi secara optimal akan mengakibatkan berbagai hal yang tidak diinginkan," kata Muhtar.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sinergi dalam upaya pengoptimalan data sektoral di Kabupaten Bangka.

Karena itu diharapkan melalui pelatihan ini ke depan para peserta pelatihan dapat membuat data informasi yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dibagi pakaikan antar instansi pemerintah pusat maupun daerah.

"Sebab dengan data yang akurat kita dapat merencanakan program dan kegiatan yang lebih efektif dan tepat sasaran," ungkapnya.

Sementara itu Kepala BPS Kabupaten Bangka, Dewi Savitri mengatakan, pelatihan ini diikuti sebanyak 22 peserta dilakukan guna memberikan pembekalan kepada anggota tim penilai melakukan pemberkasan evaluasi penyelenggaraan statitistik sektoral.

Dewi menjelaskan, ada beberapa komponen yang terlibat dalam anggota tim penilai, mulai dari tenaga SDM, perencanaan, teknologi informasi dan produsen data yang akan diajukan penilaian di Kabupaten Bangka.

"Pada tahun ini di Kabupaten Bangka dilakukan penilaian untuk kegiatan statistik sektoral di Dinas Kesehatan dan Dinas Pangan dan Pertanian. Jadi ada dua kegiatan statistik yang akan diajukan," kata Dewi. 

Diharapkannya, dengan waktu pelatihan yang hanya dilakukan selama satu hari ini, semua materi dapat tersampaikan dengan baik kepada seluruh peserta, mengingat untuk penilaian akan dimulai pada 28 November hingga 23 Desember.

"Nantinya nilai indeks pembangunan statistik yang dihasilkan dari evaluasi ini akan dirilis pada bulan Februari 2023 mendatang," jelasnya.

( Bangkapos.com/Edwardi)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved