Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Festival Olahraga Pendidikan 2022, IPSI Pangkalpinang Sebut Sebagai Ajang Pencairan Talenta Atlet

Mualimin menyambut baik digelarnya Festival Olahraga Pendidikan 2022 yang mempertandingkan dua cabang olahraga (cabor) pencak silat dan atletik. 

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy
Ilustrasi pertandingan pencak silat di GOR Depati Amir, Kota Pangkalpinang. 

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia ( IPSI) Kota Pangkalpinang, Mualimin menyambut baik digelarnya Festival Olahraga Pendidikan 2022 yang mempertandingkan dua cabang olahraga (cabor) pencak silat dan atletik. 

"Alhamdulillah suatu yang luar biasa diadakan karena ini lah bentuk salah satu pembinaan, dari Festival Olahraga Pendidikan ini untuk menunjang anak-anak yang punya talenta agar muncul," ungkap Mualimin, Sabtu (26/11/2022). 

Bahkan dari IPSI Kota Pangkalpinang menurunkan empat atletnya, yakni Hakiki Akbar dari SDN 11, Masayu Ramadhana dari SDN 23, DAFFA PERMIANDO dari SMPN 1 dan Annisa yang berasal dari SMPN 7 Pangkalpinang

Lebih lanjut diketahui untuk cabor pencak silat dalam Festival Olahraga Pendidikan 2022 yang diikuti mulai dari jenjang SD, SMP dan SMA sederajat digelar GOR Sahabudin. 

Sedangkan untuk cabor atletik, akani dipertandingkan di Stadion Depati Amir Kota Pangkalpinang

"Kita memang perlu diadakan kompetisi seperti ini, karena kekurangan anak-anak kita di Bangka Belitung ini minim kompetisi. Hal ini yang membuat anak-anak itu kadang jenuh latihan, atau tidak percaya diri ketika mereka bertanding ke luar," jelasnya. 

"Dengan adanya kompetisi mudah-mudahan ada kelanjutan dari kompetisi ini, misalnya ke nasional atau seperti apa. Tentunya para siswa atau atlet jika ada kompetisi rutin, mereka juga pasti akan berlatih lagi secara terus menerus," kata Mualimin. 

Diberitakan sebelumnya, Festival Olahraga Pendidikan yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga (Disparbudkepora) Bangka Belitung, akan mulai diselenggarakan pada Jum'at (25/11/2022) hingga Minggu (27/11/2022) nanti. 

Untuk cabor pencak silat akan mempertandingkan tunggal putra dan putri, sedangkan cabor Atletik akan mempertandingkan tiga kategori diantaranya lari 60 meter, 80 meter dan 100 meter. 

Kabid Olahraga Disparbudkepora Provinsi Bangka Belitung, Harun mengatakan olahraga termasuk dalam fokus pemerintah sesuai dengan Undang-Undang nomor 11 Tahun 2022 tentang keolahragaan, serta Peraturan Presiden (Perpres) nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). 

"Hal ini membutuhkan pembinaan dalam bidang olahraga untuk siswa yang dilaksanakan melalui bidang pendidikan formal, mulai dari taman kanak-kanak sampai dengan perguruan tinggi. Tentunya cabor yang dipertandingkan merupakan unggulan berdasarkan DBON, dengan meningkatkan budaya olahraga masyarakat dan olahraga prestasi nasional," ungkap Harun.

( Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved