Breaking News:

Berita Sungailiat

10 Pelamar Bersaing Rebut Kursi Direktur Perumda Air Minum Tirta Bangka

Rudiansyah mengatakan hingga akhir pendaftaran ada 10 orang calon pelamar direktur dan 4 orang calon pelamar dewan pengawas.

Penulis: edwardi | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Edwardi
Ketua Panitia Seleksi Calon Direktur dan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Bangka Rudiansyah. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ketua Panitia Seleksi Calon Direktur dan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Bangka Rudiansyah mengatakan hingga akhir pendaftaran ada 10 orang calon pelamar direktur dan 4 orang calon pelamar dewan pengawas Perumda Air Minum Tirta Bangka.

"Untuk 10 nama calon direktur yang telah mendaftar tersebut, di mana 5 orang berasal dari internal  dan 5 orang lainnya dari eksternal Perumda Air Minum Tirta Bangka," kata Rudiansyah yang juga Plt Direktur Perumda Air Minum Tirta Bangka, Selasa (29/11/2022) di kantornya.

Diungkapkannya,  5 calon dari internal, yakni Samsul Komar, Mat Timran, Taufik Rusdi, Suhendra dan Erliza. 

"Sedangkan 5 orang calon dari eksternal dari kalangan profesional, pengusaha, juga jurnalis, yakni Abdi Nusyahri, Zuniar Nangcik, Ferdian,   
Angga Hidayatullah Eza dan Bambang Susilo," ungkap Rudiansyah yang juga Kabag Perekonomian Setda Bangka.

Diungkapkannya, persyaratan calon direktur Perumda Air Minum Tirta Bangka berdasarkan PP Nomor 54 tahun 2017 dan Permendagri Nomor 37 Tahun 2018, diantaranya harus sarjana Strata 1 (S1) terakreditasi B, tidak menjadi anggota polisi, tidak berada pada posisi di perusahaan lainnya.

“Kalau calon saat ini bekerja di perusahaan lainnya, pada saat ia terpilih menjadi direktur maka harus mundur dari perusahaan tersebut. Usia minimal 35 tahun dan maksimal 55 tahun saat mendaftar," kata Rudi, sapaan akrabnya.

Ditambahkannya, untuk kalangan ASN boleh mendaftar juga jadi direktur, namun harus mengajukan cuti di luar tanggungan negara.

"Artinya pada saat ia menjadi direktur, maka harus lepas dari jabatannya dan status ASN, tetapi saat ia telah selesai menjadi direktur bisa kembali menjadi ASN tetapi tanpa jabatan,” jelasnya.

Dilanjutkannya, dari 10 calon direktur ini nanti akan dilakukan seleksi administrasi berkas lamaran, khususnya terkait ijazah sarjana S1 yang dimiliki.

“Dari berkas dokumen persyaratan yang telah masuk kepada panitia seleksi nantinya akan kita lakukan verifikasi terlebih dahulu. Kami akan segera lakukan rapat panitia, apakah dari 10 orang ini ada yang tidak memenuhi syarat dalam administrasi. Seperti pendidikan, apakah mereka ini benar lulusan S1 dan terakreditasi B, usianya apakah masuk atau tidak. Mereka juga telah membuat SKCK dari kepolisian,” jelas Rudi.

Diungkapkannya, untuk selanjutnya pemeriksaan berkas lamaran dilakukan 24 November hingga 2 Desember 2022.

"Pengumuman hasil seleksi administrasi dilakukan tanggal 5 Desember 2022 nanti," ujar Rudi.

Selanjutnya bagi calon direktur yang lulus berhak mengikuti ujian tertulis dan penulisan makalah pada 7 Desember 2022.

Untuk uji kelayakan dan kepatutan (presentasi proposal, visi misi) serta wawancara pada tanggal 8 Desember 2022.

"Untuk pengumuman 3 calon direktur Perumda Air Minum Tirta Bangka dilakukan tanggal 12 Desember 2022 dan wawancara akhir tanggal 14 Desember 2022 di rumah dinas Bupati Bangka, terakhir untuk pelantikan ditentukan berdasarkan keputusan Bupati Bangka," jelasnya.

Sedangkan calon Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Bangka terdapat 4 orang calon dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Bangka, yakni Zulkarnain Idrus (Staf ahli Bupati Bangka), Erri Gusnawan (Sekretaris DPRD Bangka), Alamsyah (Irban di Kantor Inspektorat Bangka) dan  Kemas Irpan (Kantor Bappeda Bangka).

( Bangkapos.com'> Bangkapos.com/Edwardi)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved