Breaking News:

Berita Sungailiat

Penyusunan Dokumen KLHS RTRW Kabupaten Bangka 2022-2042 Diuji Publik

Asisten II Setda Bangka, H Muhtar membuka kegiatan konsultasi publik penyusunan dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) RTRW

Penulis: edwardi | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Asisten II Setda Bangka, H Muhtar membuka kegiatan konsultasi publik penyusunan dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Bangka Tahun 2022-2042 di OR Bangka Setara Kantor Bupati Bangka, Selasa (29/11/2022). (Bangkapos.com/Edwardi) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA  -- Asisten II Setda Bangka, H Muhtar membuka kegiatan konsultasi publik penyusunan dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Tata Ruang Wilayah ( RTRW) Kabupaten Bangka Tahun 2022-2042 di OR Bangka Setara Kantor Bupati Bangka, Selasa (29/11/2022).

Kegiatan ini dihadiri perwakilan Forkopimda Bangka, Kepala Balai Prasarana Pemukiman Babel, Kepala Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) XIII Pangkalpinang, BPDAS  Baturusa Cerucuk Babel, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pemprov Babel, para camat se Kabupaten Bangka dan tamu undangan lainnya.

Asisten II Setda Bangka, H Muhtar mengatakan kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) merupakan rangkaian analisis yang sistematis, menyeluruh dan partisipatif dengan tujuan untuk memastikan, bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam kebijakan rencana program.

"Permasalahan degradasi lingkungan hidup merupakan kausalitas isu lintas, baik lintas sektor, lintas wilayah, lintas lalu dan lintas kepentingan yang memerlukan instrumen lingkungan hidup yang terpadu dan komprehensif sebagai penyeimbang," kata Muhtar.

Sumber masalah degradasi lingkungan hidup berawal dari proses pengambilan keputusan dalam pembangunan kebijakan pembangunan berimplikasi besar dan luas terhadap degradasi lingkungan hidup suatu wilayah.

"Rangkaian tahapan penyusunan KLHS RTRW  Kabupaten Bangka saat ini sudah dalam tahap  perumusan alternatif dan penyusunan rekomendasi. Dokumen KLHS  untuk pengambilan keputusan kebijakan rencana dan atau program yang mengintegrasikan prinsip pembangunan berkelanjutan," ujarnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana, Bintoro Saputra mengatakan tujuan kegiatan untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah terintegrasi dan menjadi dasar dalam pembangunan di Kabupaten Bangka.

"Tujuan khusus kegiatan hari ini untuk perumusan alternatif dan pemberian rekomendasi terkait perubahan rencana tata ruang Kabupaten Bangka Tahun 2022-2042," kata Bintoro. ( Bangkapos.com/Edwardi)

 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved