Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Atlet Binaraga Babel Peraih Medali Perak PON 2021 Terjerat Doping, Ini Kata Pengprov PBFI Babel

Kalau sanksi sudah ada dari pihak PB skorsing empat tahun, otomatis untuk PON 2024 ini tidak bisa terlibat

(Ist/Bahagia Musa
 Berdiri di podium pertama atlet binaraga Bangka Belitung, Abdul Manan dalam Kejurnas Pra PON. 

 BANGKAPOS.COM,BANGKA- Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Binaraga Fitness Indonesia (PBFI) Bangka Belitung, Nasir membenarkan pihaknya telah memberikan sanksi skorsing terhadap atlet Abdul Manan yang terjerat kasus doping. 

Hal ini pun dilakukan menyusul adanya surat dari PB PBFI dan KONI Pusat, terkait hasil tes yang telah dilakukan Indonesia Anti Doping Organization (IADO) terhadap para atlet yang telah berlaga di PON Papua. 

Sebelumnya Abdul Manan merupakan atlet unggulan Provinsi Bangka Belitung, serta atlet peraih medali perak di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 di Papua. 

"Kalau sanksi sudah ada dari pihak PB skorsing empat tahun, otomatis untuk PON 2024 ini tidak bisa terlibat karena skorsing sampai 2025," ujar Nasir saat dihubungi Bangkapos.com, Rabu (30/11/2022). 

Namun Nasir mengungkapkan dengan terjeratnya Abdul Manan terkait penggunaan doping, pihaknya mempertanyakan hasil tes doping yang dikeluarkan IADO cukup lama dari penyelenggaraan PON Papua 2021.

"Kita sudah dua kali tes doping, jadi sebulan sebelum PON sudah tes doping dan hasilnya negatif. Lalu di PON di tes lagi tapi hasilnya keluar satu tahun, kami juga jadi menjadi tanda tanya," ucapnya. 

Sementara itu ditengah polemik kasus doping serta dipastikannya Abdul Manan yang harus absen di PON 2024, pihaknya kini akan terus melakukan seleksi guna mencari atlet yang dapat membawa nama Provinsi Bangka Belitung di ajang nasional. 

"Kita sedang berproses kita tunggu hasil dari Porprov ini dulu, nanti akan kita saring atlet berpotensi untuk kita bina untuk PON 2024. Kemungkinan bulan Oktober atau November ada Pra Pon, kalau ada yang bagus di Porprov kita prioritas untuk ikut Pra PON yang penting kita loloskan dulu atlet Bangka Belitung ini ke PON 2024," ungkapnya. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy). 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved