Breaking News:

Bangka Tengah Memilih

Bawaslu Bangka Tengah Mewanti-Wanti KPU agar Mencermati Rekam Jejak Calon Anggota PPK

Robianto mengimbau agar KPU Kabupaten Bangka Tengah agar benar-benar dapat mencermati rekam jejak pelamar pada seleksi administrasi.

Penulis: Arya Bima Mahendra | Editor: Novita
Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra
Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Robianto 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Masa penerimaan Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK) di Kabupaten Bangka Tengah telah resmi ditutup pada 29 November 2022.

Sebanyak 200 lebih calon anggota PPK di Bangka Tengah diketahui telah mendaftar. Kini, tinggal menunggu hasil pengumuman seleksi administrasi dan selanjutnya mengikuti tes tertulis yang akan digelar oleh KPU Bangka Tengah.

Menyikapi proses pembentukan PPK tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah, Robianto mengemukakan, pihaknya turut melakukan pengawasan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

"Pengawasan langsung dilakukan guna memastikan ketaatan prosedur yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Bangka Tengah dalam proses seleksi, seperti ketepatan waktu pemberkasan, memastikan peserta tes yang hadir dan lain-lain," kata Robi kepada Bangkapos.com, Rabu (30/11/2022).

Sedangkan pengawasan tidak langsung, dilakukan dengan pengecekan dokumen seperti keterlibatan dalam partai politik atau tim kampanye dan lain sebagainya.

Menurut dia, potensi adanya keterlibatan calon anggota PPK dalam partai politik dan tim kampanye bisa saja meningkat seiring membeludaknya jumlah pelamar.

"Oleh karena itu, kami mengimbau KPU Kabupaten Bangka Tengah agar benar-benar dapat mencermati rekam jejak pelamar pada seleksi administrasi," tegasnya.

Dengan begitu, orang-orang yang terpilih nantinya memang betul-betul orang yang tidak terlibat dalam partai politik maupun tim kampanye.

"Untuk itu, dalam tahapan pembentukan PPK ini, tentunya pengawasan oleh Bawaslu Bateng akan dilakukan hingga masa pelantikan PPK oleh KPU," imbuhnya. ( Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved