Breaking News:

Berita Bangka Barat

Diduga Ada Ratusan Kendaraan di Kapal MV Serasi I yang Tabrakan di Selat Bangka, ABK Dievakuasi

Saat ini kondisi kapal hampir tenggelam dengan posisi menungging usai tabrakan dengan Kapal Kontainer Batang Hari Emas,

Penulis: Yuranda | Editor: Iwan Satriawan
(Bangkapos.com/Yuranda)
Tim SAR Gabungan melakukan evakuasi terhadap 17 ABK Kapal MV Serasi I di Pelabuhan Tanjungkalian, Muntok Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (1/12/2022) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Ada ratusan kendaraan yang berada di dalam Kapal MV Serasi I bakal tenggelam, lantaran lambung kapal yang membawa kendaraan itu bocor dan dibanjiri air laut.

Saat ini kondisi kapal hampir tenggelam dengan posisi menungging usai tabrakan dengan Kapal Kontainer Batang Hari Emas, di Perairan Selat Bangka, Kabupaten Bangka Selatan, pada Kamis (1/12/2022) dinihari.

"Infonya terakhir kami terima ada 497 kendaraan termasuk alat berat di dalam Kapal MV Serasi I. Untuk pastinya tunggu kapten kapal. Kapal itu berangkat dari Patimban, Provinsi Jawa Barat menuju Belawan Provinsi Sumatera Utara," kata Komandan Unit Siaga Pos SAR Muntok, Supani, Kamis (1/12/2022).

Tim gabungan melakukan evakuasi 17 kru kapal MV Serasi I setelah mengalami kecelakaan kapal di di perairan Selat Bangka, Provinsi Bangka Belitung, Kamis (1/12/2022).
 MV Serasi I yang mengalami kecelakaan kapal di di perairan Selat Bangka, Provinsi Bangka Belitung, Kamis (1/12/2022). (Dok/Basarnas Bangka Belitung)

Kata Pani kerap dipanggil, kapal MV Serasi I saat ini posisi nungging, bagian depannya sudah masuk ke dalam air laut akibat tabrakan saat melintas di Perairan Selat Bangka.

Mengetahui hal tersebut Tim SAR Gabungan siap siaga di Pelabuhan Tanjungkalian Muntok, untuk mengevakuasi 17 kru kapal MV Serasi I.

"Saat ini kami masih dalam perjalanan untuk menjemput 17 kru kapal itu diperkirakan akan sampai Pelabuhan Tanjungkalian 2 jam," kata Pani.

Diketahui sebelumnya Kapal MV Serasi melakukan perjalanan laut dengan rute Patimban, Provinsi Jawa Barat menuju Belawan Provinsi Sumatera Utara. 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang I Made Oka Astawa mengatakan 17 kru MV Serasi I berhasil dievakuasi sekitar pukul 03.23 WIB menggunakan KM Lotus dan dibawa menuju Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok.

"Pada Pukul 03.23 korban MV Serasi 1 dievakuasi oleh KM Lotus dan dibawa menuju pelabuhan Tanjung Kalian Muntok dengan estimasi waktu 14:00 WIB," kata I Made Oka. 

Sebelumnya melalui Command Center pada dini hari pukul 02.20 WIB menerima informasi dari Manager Operasional MV Serasi I terkait kondisi MV Serasi I pada pukul 01.09 WIB.

"Informasi dari Bapak Deo memberitahu, kapal sudah kemasukan air. Selanjutnya kapten kapal berencana akan mengkandaskan kapal tersebut dan pada pukul 01.28 WIB, Kapten Subur kembali menginformasikan bahwa kapal sudah posisi 'nungging' serta kru sudah akan menyelamatkan diri dengan lifecraft," jelasnya. 

Mendapatkan Informasi tersebut Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang membuka Operasi SAR Gabungan, serta memberangkatkan personel dari Unit Siaga SAR Muntok menuju lokasi kejadian dengan koordinat 2°42,370’S 105°51,263’E tepatnya di Perairan Selat Bangka.

Selain itu hadir pula sejumlah pihak yang terlibat dalam tim gabungan, diantaranya TNI Al, Polairud Direktorat, KSOP, Polair Polres Bangka Barat, BPBD Bangka Barat, Fortynine Diving Club, KKP Muntok dan Puskesmas Muntok.

Sementara itu berikut 17 kru yang berhasil dievakuasi: 
1. Capt Subur: Nakhoda
2. M.Aksa: Chief Officer
3. Asep Deding: Second Officer
4. Wahyudi: Third Officer
5. Salmon: KKM
6. Domago: Second Engineer
7. Wahyu Romadon: Third Engineer
8. Adriyan Feri: Fourth Engineer
9. Imran Adam: Bosun
10. Julianus: Juru Mudi
11. Bagas:  Juru Mudi 
12. Ilham: Juru Mudi 
13. Awal: Mandor 
14. Yohanis: Oiler
15. Bayu: Oiler
16. Sabar: Koki
17. Muhibut: Pelayan

(Bangkapos.com/Yuranda)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved