Breaking News:

Berita Bangka Selatan

Kecamatan Leparpongok Dapat Bantuan DAK Rp48 Miliar untuk Pembangunan Empat Desa

Kecamatan Leparpongok, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mendapatkan bantuan dana alokasi khusus (DAK) Tahun 2023 sekitar Rp48 miliar.

Penulis: Adi Saputra | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid, Jumat (2/12/2022).(Bangkapos.com/Adi Saputra) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kecamatan Leparpongok, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mendapatkan bantuan dana alokasi khusus (DAK) Tahun 2023 sekitar Rp48 miliar.

Bantuan DAK tersebut disalurkan pemerintah pusat kepada Kecamatan Leparpongok, untuk pembangunan daerah terutama di semua sektor di empat desa seperti Penutuk, Tumpung, Tanjunglabu, Tanjungsangkar.

Bupati Basel, Riza Herdavid menyebutkan pihaknya mendapatkan kabar, bahwa sanya Kecamatan Leparpongok Tahun 2023 dapat bantuan DAK.

"Alhamdulillah ini sangat luar biasa dan kami sangat apresiasikan, karena Kecamatan Leparpongok ini dapat mendapatkan bantuan DAK dari Pemerintah pusat di tahun depan," sebut Riza Herdavid, Jumat (2/12/2022).

"Khusus Desa Tanjung Labu sendiri mendapatkan bantuan yang sangat luar biasa juga, karena Pantai Lampu termasuk kawasan khusus pariwisata seperti Bali," ujarnya.

Menurut Riza, adanya peningkatan ataupun perkembangan desa berkat kerja sama pemerintah desa dengan Pemerintah Kabupaten Basel dalam memajukan desa.

"Ya ini sebuah kerja kongkrit dan nyata kita semua, sehingga kita bisa dapatkan bantuan dari pusat terutama dalam meningkat fasilitas desa kepada masyarakat. Agar masyarakat merasakan begitu pentingnya peran pemerintah, khususnya pembangunan dan perkembangan daerah," katanya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan bantuan DAK ini akan disalurkan atau digunakan, sesuai dengan item-item yang sudah ditentukan terutama fasilitas umum.

"Kalau tidak salah ada 38 item kegiatan yang akan menggunakan DAK tahun 2023, khusus peningkatan fasilitas jalan, alat kesehatan, pendidikan, pariwisata, pertanian, dan lingkungan hidup," kata Riza.

Ia berharap kepada pemerintah kecamatan dan desa untuk bekerjasama dalam mengelola anggaran dengan baik, aplagi anggaran yang dikucurkan lumayan besar.

Terutama dana DAK ini disalurkan kepada daerah-daerah tertentu, yang memang sudah dilakukan penilaian ataupun memiliki keunggulan yang sangat luar biasa.

"Saya minta kepada Camat dan empat Kades yang nanti dapat bantuan ini, gunakan semaksimal mungkin anggarannya jangan sampai di salah gunakan dan harus dipertanggung jawabkan. Apalagi ini kan suatu kebanggaan bagi mereka bisa dapat bantuan sebesar ini, kami minta mereka tetap saling berkoordinasi dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan," ucap Riza.

Tak hanya itu, Riza menghibahkan satu unit kapal kepada Kecamatan Leparpongok, untuk digunakan sebagai alat transportasi terutama pariwisata.

"Kami pemerintah daerah menghibahkan satu unit kapal kepada Kecamatan Leparpongok, mudah-mudahan kapal ini nanti dapat digunakan dengan baik dan dapat bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Sedangkan untuk anggaran tersebar yang menggunakan bantuan DAK yaitu Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang yang menghabiskan pluhan miliar. ( Bangkapos.com/Adi Saputra)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved