Breaking News:

Helikopter Hilang Kontak di Belitung

Pencarian Puing Helikopter P-1103 Polri dan Pilot Terkendala Cuaca Ekstrem   

Memasuki hari keenam, upaya pencarian Helikopter P-1103 Polri terus dilakukan SAR gabungan di Belitung Timur (Beltim), Jumat (2/12/2022).

Penulis: Riki Pratama | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Kabid Humas Polda Bangka Belitung Kombes Pol Maladi. (Bangkapos.com/Riki Pratama) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Memasuki hari keenam, upaya pencarian Helikopter P-1103 Polri terus dilakukan SAR gabungan di Belitung Timur (Beltim), Jumat (2/12/2022).

Kabid Humas Polda Bangka Belitung Kombes Pol Maladi, mengatakan informasi terkini terkait situasi dalam pencarian helikopter terkendala cuaca yang ekstrem di perairan Bangka Belitung.

Tetapi, menurutnya tim SAR gabungan, terus berupaya semaksimal mungkin melakukan pencarian terhadap satu kru Capt Pilot AKP Arif Rahman Saleh yang belum ditemukan.

"Tentunya kita bersama-sama berdoa agar satu kru yang belum ditemukan segera ditemukan," kata Kabid Humas Polda Bangka Belitung Kombes Pol Maladi, di Ruang Media Center Bid Humas, Jumat (2/12/2022) 

Maladi, menyampaikan Polda Babel berterima kasih kepada semua pihak, terutama intansi terkait maupun masyarakat yang turut membantu dalam proses pencarian helikopter milik polri ini.

"Pencarian ini masih terus dilakukan oleh tim SAR gabungan dibantu dengan nelayan sekitar. Untuk menyisir sejumlah perairan yang telah dipetakan," ujarnya.

Selain itu, dikatakan Maladi, pencairan terus dipantau oleh Kabaharkam Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto bersama Kapolda Bangka Belitung Irjen Pol Yan Sultra dan Kakor Polairud Irjen Pol Indra Miza.

Diketahui, sebelumnya, satu jenazah kru Helikopter NBO 105 milik Baharkam Polri yang jatuh di Perairan Belitung Timur, Aiptu Anumerta Joko Mudo dipulangkan, Jumat (2/11/2022) pagi.

Upacara pemulangan dipimpin langsung Kapolda Bangka Belitung, Irjen Pol Yan Sultra di Base OPS Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan.

Kapolda Bangka Belitung Irjen Pol Yan Sultra melalui Kabid Humas Polda Bangka Belitung Kombes Pol Maladi, mengatakan, jenazah Aiptu Joko Mudo diberangkatkan dari Bandara Hanandjoeddin ke Mako Ditpoludara Pondok Cabe, Jakarta menggunakan pesawat milik polri.

"Kemudian rencanannya akan dilaksanakan juga upacara pelepasan dari dinas ke kekeluarga di Mako Ditpoludara," kata Maladi kepada Bangkapos.com, Jumat (2/12/2022) di Mapolda Babel.

Sementara itu, kata Maladi, jenazah Aiptu Anumerta Joko Mudo, merupakan kru helikopter NBO-105/P-1103 yang lost contact di perairan pulau Belitung pada Minggu 27 November 2022 lalu, ia mendapatkan kenaikan pangkat dari Aipda menjadi Aiptu.

"Jenazah Joko Mudo ditemukan Selasa 29 November 2022 sekitar pukul 23.00 WIB, di lokasi Karang Sewa. Kurang lebih 15 mill ke arah timur dari Pulau Bukulimau atau 4 jam dari ASDP Manggar, oleh nelayan bagan asal Tanjung Binga, Kabupaten Belitung," lanjutnya.

Maladi menyampaikan informasi lainnya, yakni satu jenazah Capt Pilot Helikopter NBO 105 AKP Arif Rahman Saleh, yang hingga kini belum ditemukan oleh tim SAR gabungan.

"Hari ini Jumat sudah memasuki hari ke enam pencarian helikopter milik polri. Pencarian masih terus dilakukan oleh tim SAR gabungan dibantu dengan nelayan sekitar. Sampai sekarang upaya pencarian terus dipantau oleh Kabaharkam Polri, kapolda dan kakorpolairud di posko yang ada di Kabupaten Belitung Timur untuk pencarian kru lainnya," jelasnya.

Maladi menegaskan, segala upaya telah dilakukan tim SAR gabungan untuk dapat menemukan satu kru helikopter NBO 105 milik Baharkam Polri, dengan menyisir sejumlah titik perairan yang telah ditentukan.

"Jadi ada analisa dan evaluasi (anev) dilakukan oleh tim, sekarang ini rencana pencarian telah dilakukan, sebelum memulai melakukan pencarian dan menyisir perairan," ucapnya. ( Bangkapos.com/Riki Pratama)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved