Breaking News:

Dua Kapal Tabrakan di Selat Bangka, 494 Mobil Tenggelam ke Laut, Kasusnya Tengah Diselidiki KNKT

Kapal muatan kontainer dan kapal muatan mobil tabrakan di selat bangka, 194 mobil tenggelam ke dasar laut

Penulis: Hendra CC | Editor: Hendra
net
Ilustrasi kapal tenggelam 

BANGKAPOS.COM, - Insiden kecelakaan laut terjadi di Perairan Selat Bangka, Kabupaten Bangka Selatan, Bangka Belitung, Kamis (1/12/2022).

Kapal MV Serasi 1 dari Pelabuhan Patimban tujuan Belawan bertabrakan dengan Kapal MV Batanghari Mas bertolak dari Palembang tujuan Tanjung Priok. 

Akibat tabrakan tersebut KMV Serasi 1 yang memuat 494 mobil, 2 unit alat berat dan 1 motor tenggelam di Perairan Selatan Bangka.

Sedangkan Kapal MV Batanghari Mas diketahui memuat kontainer.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) IV Muntok, Kabupaten Bangka Barat, I Made Suartama mengatakan penyebab kecelakaan laut ini sedang dilakukan penyelidikan.

Kru KMV Serai sebanyak 17 orang dimintai keterangan terkait kecelakaan tersebut.

Dari 17 yang diperika, 9 orang sudah sudah dipulangkan.

"Pemeriksaan terhadap kru-kru yang bertugas berjaga dan tentunya nakhoda dan delapan ABK lainnya. Sedangkan sembilan orang sudah dipulangkan," kata I Made Suartama, Senin (5/12/2022) kepada Bangkapos.com.

Sementara itu, kata Suartama untuk penanganannya akan dilakukan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) pusat.

Sedangkan untuk investigasi lokasi secepatnya akan dilakukan lantaran kapal MV Serasi 1 sudah tenggelam.

"Penanganannya dilaksanakan KNKT pusat. Untuk investigasi belum bisa dipastikan kapan namun sesegera mungkin. Dalam waktu dekat akan pasang pelampung karena MV Serasi 1 ini sudah tengelam bersama dengan muatannya, kurang lebih kedalam airnya belasan meter," ungkapnya.

Pemasangan pelampung itu dilakukan guna memberi tahu kepada kapal yang melintas agar tidak terjadi tabrakan, sebab jalur kapal MV Serasi 1 itu tenggelam jalur pelayaran sempit.

(Bangkapos.com/Yuranda/Hendra)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved