Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pemkot Pangkalpinang Pastikan Job Fair Transparan    

Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang, menyediakan 390 lowongan kerja untuk berbagai jenis pekerjaan pada pagelaran bursa kerja atau job fair

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Sejumlah para pencari kerja saat tengah menjalani tahapan wawancara pada gelaran Job Fair di Halaman Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja, Pangkalpinang, Senin (5/12/2022). (Bangkapos.com/Cepi Marlianto) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA – Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang, menyediakan 390 lowongan kerja untuk berbagai jenis pekerjaan pada pagelaran bursa kerja atau job fair pada 5-6 Desember 2022. Para pencari kerja bisa mengunjungi bursa kerja di Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker) Kota Pangkalpinang pada pukul 09.30-16.00 WIB.

Kepala Dinas PMPTSP dan Naker Kota Pangkalpinang, Yan Rizana memastikan, gelaran bursa kerja yang dilaksanakan selama dua hari ini tidak ada ‘kongkalikong’. Dimana semua proses telah dilaksanakan sesuai prosedur dan transparan.

“Kami pastikan tidak ada titip menitip, ini terbuka untuk umum dan transparan. Karena ini rekrutmen dari perusahaan perusahaan memiliki kategori dan spesifikasi,” kata dia kepada Bangkapos.com, Senin (5/12/2022).

Yan memaparkan, acara bursa kerja kali ini merupakan yang pertama kali digelar setelah kurun waktu lima tahun terakhir. Dimana terdapat 390 lowongan pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan dari berbagai sektor. Dengan diikuti oleh 20 perusahaan, dengan 45 jabatan lowongan pekerjaan.

Dengan tujuan supaya angka pengangguran terbuka di Kota Pangkalpinang terus mengalami penurunan, bahkan sebesar 1,03 persen selama tiga tahun terakhir. Dimulai pada tahun 2020, yang mana angka pengangguran terbuka sebesar 6,93 persen. Lalu turun sebesar 0,12 dan menjadi 6,81 persen pada tahun 2021. Serta pada tahun 2022 terus mengalami penurunan sebesar 0,91 persen menjadi 5,90 persen.

Penurunan angka pengangguran terbuka ini tidak lepas dari dampak kemudahan investasi. Sehingga para pengusaha ingin mengembangkan usahanya, berimbas terhadap siklus investasi, penanaman modal dan tenaga kerja.

“Perintah hanya menjembatani, karena tamatan SMA dan SMK berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS-Red) data lulusan jenjang itu sangat dominan, bahkan menyebabkan pengangguran,” jelas Yan.

Selain itu, sambung dia, penyelenggaraan job fair ini juga dilandasi oleh beberapa peraturan. Mulai Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Lalu, Peraturan Daerah Kota Pangkalpinang Nomor 10 Tahun 2022 tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2022. Serta Peraturan Walikota Pangkalpinang Nomor 59 Tahun 2022 tentang Penjabaran Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2022.

Tak lain tujuannya untuk meningkatkan jumlah penempatan tenaga kerja, sekaligus sarana berkomunikasi dengan pihak-pihak perusahaan untuk mempermudah pencari kerja secara langsung.

“Karena banyak ketidakseimbangan antara pencari kerja dan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dikarenakan faktor kualitas, kuantitas dan informasi yang belum luas,” bebernya.

Kendati demikian kata Yan, dengan kehadiran Wakil Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia, Afriansyah Noor ini menjadi peluang dan bentuk peduli pemerintah pusat. Terlebih pada tahun 2023 mendatang DPMPTSP juga akan dipisahkan dari Bidang Tenaga Kerja dan fokus untuk mendapatkan program pemerintah pusat.

Maka dari itu ia meminta para peserta yang nantinya tidak lulus dalam job fair ini diminta untuk tidak berkecil hati. Melainkan ini merupakan awal bagi mereka untuk membuktikan bahwa mereka mempunyai kualitas.

“Ini merupakan dukungan dari pemerintah pusat kepada pemerintah kota dengan datang langsung ke sini. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada para perusahaan yang sudah terlibat,” pungkas Yan. (Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Caption : Sejumlah para pencari kerja saat tengah menunggu giliran untuk mengantarkan lamaran pekerjaan ke stand perusahaan pada gelaran Job Fair di Halaman Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja, Pangkalpinang, Senin (5/12/2022). (Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Caption : Ratusan para pencari kerja ketika hendak mengantarkan surat lamaran mereka ke stand perusahaan pada gelaran Job Fair di Halaman Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja, Pangkalpinang, Senin (5/12/2022). (Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Caption : Sejumlah para pencari kerja saat tengah duduk termenung menunggu giliran untuk mengantarkan lamaran pekerjaan ke stand perusahaan pada gelaran Job Fair di Halaman Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja, Pangkalpinang, Senin (5/12/2022). (Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

 


 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved