Breaking News:

Bangka Memilih

KPU Bangka Gelar Tes Tertulis 225 Calon Anggota PPK, Terbanyak dari Kecamatan Sungailiat

Anggota KPU Kabupaten Bangka Hartati mengatakan, peserta yang mengikuti tes CAT calon anggota PPK ini sebanyak 225 orang peserta.

Penulis: edwardi | Editor: Novita
Bangkapos.com/Edwardi
Anggota KPU Kabupaten Bangka, Hartati 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - KPU Kabupaten Bangka melaksanakan tes tertulis sistem Computer Assisted Test (CAT) bagi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK) se-Kabupaten Bangka di Kampus Polman Negeri Babel, Selasa (6/12/2022)-Rabu (7/12/2022).

Anggota KPU Kabupaten Bangka Hartati mengatakan, peserta yang mengikuti tes CAT calon anggota PPK ini sebanyak 225 orang peserta, terdiri dari 140 laki-laki dan 85 perempuan.

"Untuk soal tes tertulis CAT ini berasal dari KPU pusat, lalu ditranfers ke KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, selanjutnya ke KPU kabupaten/kota," ujarnya.

Adapun peserta tes tertulis CAT hari ini berasal dari Kecamatan Belinyu, Riau Silip, Merawang dan Sungailiat.

Sedangkan Rabu (07/12/2022) besok, peserta tes dari Kecamatan Mendo Barat, Puding Besar, Bakam dan Pemali.

"Peserta tes calon anggota PPK terbanyak berasal dari Kecamatan Sungailiat ada 58 orang. Sedangkan peserta tes paling sedikit berasal dari Kecamatan Riau Silip hanya ada 17 orang peserta," jelasnya.

Kebutuhan anggota PPK setiap kecamatan 5 orang. Karena ada 8 kecamatan, sehingga totalnya berjumlah 40 orang.

"Untuk cadangan nanti kita urutkan hingga 10 orang. Namun yang terpilih 5 orang dengan nilai tertinggi, bila nanti ada calon anggota PPK yang terpilih mundur atau sakit atau meninggal dunia, nanti bisa digantikan dengan peserta urutan selanjutnya," jelasnya.

Anggota PPK bertugas selama 14 bulan dari 4 Januari 2023 sampai 4 April 2024. Adapun honor Ketua PPK sebesar Rp2,5 juta per bulan, sedangkan anggota PPK Rp2,2 juta per bulan.

"Kami sangat bahagia sekali melihat banyaknya peserta calon anggota PPK yang mengikuti tes tertulis CAT ini, sebelumnya kita agak khawatir kurangnya minat orang untuk menjadi penyelenggara pemilu ini. Semoga dengan antusiasnya masyarakat mengikuti tes ini dapat menghasilkan orang-orang yang kompeten sebagai penyelenggara Pemilu di Kabupaten Bangka," tuturnya.

Meskipun tes tertulis CAT ini baru pertama kali dilaksanakan, namun sesi 1 berlangsung lancar dan aman.

Usai perekrutan anggota PPK, KPU Kabupaten Bangka dalam waktu dekat ini akan merekrut calon anggota PPS tingkat desa/kelurahan.

Setiap desa dibutuhkan 3 orang anggota PPS. Dengan jumlah desa/kelurahan di Kabupaten Bangka 81 desa/kelurahan, jadi membutuhkan sekitar 243 orang.

Kemudian selanjutnya, merekrut tenaga pantarlih (pemutakhiran data pemilih).

"Untuk pengumuman hasil seleksi tertulis pada tanggal 8-10 Desember, tes wawancara 11-13 Desember, pengumuman hasil tes wawancara 14 Desember dan penetapan anggota PPK terpilih tanggal 16 Desember dan pelantikan 4 Januari 2023 mendatang," bebernya. ( Bangkapos.com/Edwardi)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved