Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Akademisi Sebut Strategi Discount Price atau Promo Akhir Tahun Pengaruhi Tingkatkan Hunian Hotel

Dia mengungkapkan, dalam memberikan penawaran promo pihak hotel tetap harus memperhatikan konsep pemasaran yang berorientasi

Penulis: Sela Agustika | Editor: Iwan Satriawan
ISTIMEWA
Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung, Dr Devi Valeriani 

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Strategi Discount Price atau promo yang ditawarkan palaku usaha pariwisata perhotelan menjelang akhir tahun dinilai menjadi upaya dalam meningkatkan jumlah tamu menginap.

Dosen Ekonomi Universitas Bangka Belitung sekaligus Dekan Fakultas Ekonomi dan pelaku usaha pariwisata, Devi Valeriani mengungkapkan berdasarkan hasil peneliti yang melakukan penelitian Discount Price sangat berpengaruh terhadap Occupancy Rate hotel, serta turut memberikan pengaruh positif. 

Kata Devi, Strategi Discount Price yang diterapkan, biasanya akan menjadi memorable bagi tamu untuk masa yang akan datang.

Terutama para pelanggan pasti akan mencatat dalam benaknya hotel-hotel mana saja yang memberikan discount pada moment-moment tertentu

"Menjelang akhir tahun hampir setiap hotel menginginkan tingkat hunian kamar mengalami peningkatan dan strategi tersebut sangat tepat diterapkan," ujar Devi, Rabu (7/12/2022).

Dia mengungkapkan, dalam memberikan penawaran promo pihak hotel tetap harus memperhatikan konsep pemasaran yang berorientasi pada keinginan dan kepentingan konsumen.

Salah satu indikator keberhasilan pemasaran suatu hotel ditentukan bagaimana kualitas pelayanan dan bagaimana menjaga hubungan yang erat dengan kepuasan pelanggan, sehingga tamu bisa mengulang kunjungannnya.

Menurut Devi, pelayanan dalam dunia perhotelan merupakan kegiatan yang mengedepankan standar tentang sikap hospitality yang menjadikan tamu yang datang untuk menginap menjadi nyaman dan senang, serta kembali bila tamu mendapatkan kesan baik dan puas atas pelayanan yang diberikan oleh sebuah hotel.

"Tingkat discount yang diterapkan masing-masing hotel tentunya beragam, tergantung kepada paket-paket promo yang ditawarkan. Biasanya untuk tarif kamar discount yang diberikan berkisar 10 persen sampai dengan 15 persen. Namun tidak menutup kemungkinan beberapa hotel memberikan discount sampai 20 persen," ungkapnya.

Dengan adanya berbagai promo yang ditawarkan kata Devi, tidak menutup kemungkinan para tamu hotel akan memiliki banyak sekali pilihan promo harga kamar, untuk dibandingkan dan memutuskan hotel mana yang akan menjadi tempat menginapnya. 

Tingginya tingkat hunian kamar tentunya akan memberikan multiplier effect bagi pelaku usaha pendukung sektor pariwisata lainnya, seperti kuliner, cinderamata, oleh-oleh, transportasi dan lainnya. 

"Harapannya dari strategi tersebut akan memberikan dampak ekonomi, dan geliat aktifitas ekonomi di Bangka Belitung semakin meningkat sehingga mampu mengungkit pertumbuhan ekonomi daerah," ujar Devi

Puri 56 Hotel sebagai salah satu hotel keluarga berkonsep syariah, juga telah melakukan promo discount price sejak awal desember 2022, hingga awal tahun 2023. 

Promo yang diberikan kepada tamu ini diharapakan dapat menggairahkan kembali tingkat kunjungan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, dan juga memberi kenyamanan dengan mempercayai tamu melalui CHSE agar tamu dapat merasakan kebersihan, kesehatan, keamanan, kenyamanan, dan lingkungan yang menyenangkan.(Bangkapos.com/Sela Agustika)

 

 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved