Breaking News:

Bangka Belitung Memilih

Bawaslu Bangka Belitung Imbau Masyarakat Hindari Money Politic, akan Terbuka Terima Laporan

Ketua Bawaslu Provinsi Bangka Belitung EM Osykar mengatakan, pihaknya akan secara terbuka menerima laporan bila terjadi praktik money politic.

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: Novita
Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy
Ketua Bawaslu Provinsi Bangka Belitung, EM Osykar 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Demi mencegah money politic pada Pemilu 2024 Bawaslu Provinsi Bangka Belitung memastikan akan melakukan pengawasan partisipatif bersama mitra strategis Bawaslu dan masyarakat secara langsung.

Ketua Bawaslu Provinsi Bangka Belitung EM Osykar mengatakan, pihaknya akan secara terbuka menerima laporan bila terjadi praktik money politic.

"Masyarakat dapat melaporkan ke kantor Panwaslu Kecamatan terdekat, Bawaslu kabupaten/kota ataupun melalui aduan menggunakan teknologi informasi di media sosial Bawaslu Bangka Belitung," kata EM Osykar saat dihubungi Bangkapos.com, Selasa (13/12/2022).

Menjelang pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari 2024 nanti, setiap orang memiliki hak yang sama di bawah undang-undang, untuk mencalonkan diri sebagai calon legislatif sesuai prosedur.

"Maka siapapun dan apapun background-nya, mau punya modal ataupun tidak, dia tetap berhak berkompetisi yang fair, jujur dan berintegritas dan haknya dilindungi oleh undang-undang," tegasnya.

Namun pihaknya tak menampik, dalam pelaksanaan pemilu terdapat potensi terjadinya praktik money politic.

Menurut Osykar, money politic dapat terjadi melihat banyaknya faktor, mulai dari di lingkup keluarga, komunitas serta beberapa modus atau tempat lainnya.

"Maka dengan semangat pencegahan, Bawaslu mengajak masyarakat berpartisipasi mengawasi, dengan cara berani mencegah dan menolaknya jika terjadi. Segala bentuk politik uang, akan diproses dan ada sanksi tegas sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku," ucapnya.

Sementara itu, untuk menyukseskan pesta demokrasi Pemilu 2024 Osykar mengimbau kepada masyarakat, khususnya para caleg, agar tidak melakukan tindakan yang bertentangan dengan hukum.

"Kepada semua caleg nantinya agar berkompetisilah secara fair, jujur dan mengedepankan nilai nilai demokrasi dan Pancasila," kata Osykar. ( Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved