Breaking News:

Advertorial

Dosen dan Mahasiswa Polman Negeri Babel Ciptakan Alat Penghemat Listrik Untuk Tambak Udang Vaname

Dosen dan Mahasiswa Polman Negeri Babel bersama kelompok mitra Bioflok Tambak Udang Tutut saat penyerahan Alat Penghemat Listrik di Desa Tutut

Penulis: iklan bangkapos | Editor: nurhayati
Istimewa
Dosen dan Mahasiswa Polman Negeri Babel bersama kelompok mitra Bioflok Tambak Udang Tutut saat penyerahan Alat Penghemat Listrik di Desa Tutut. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dosen dan Mahasiswa Politeknik Manufaktur Negeri bangka Belitung (Polman Negeri Babel) kembali melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dengan membuat alat penghemat energi listrik yang akan digunakan budidaya tambak udang vaname.

Ocsirendi selaku dosen dan ketua program studi D3 Teknik Elektronika bersama mahasiswa menyerahkan langsung alat penghemat energi listrik kepada mitra kelompok usaha Bioflok Tambak Udang Tutut di Desa Tutut Kecamatan Pemali pada Sabtu 24 Desember 2022.

"Ini merupakan karya mahasiswa elektronika Polman Negeri Babel dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat “ ujar Ocsi panggilan akrabnya saat dikonfirmasi, Selasa (27/12/2022).

Menurut Ocsi kelompok mitra Bioflok Tambak Udang di Desa Tutut mempunyai permasalahan terhadap tenaga listrik untuk suplai oksigen di tambak udang, sehingga tim Polman Negeri Babel yang terdiri dari dosen dan mahasiswa membantu dan memberikan solusi terkait masalah itu.

Sistem tenaga listrik yang diciptakan ini dengan menggunakan tenaga surya atau sinar matahari yang lebih hemat dalam pemakaiannya.

"Tenaga listrik ini dengan sistem tenaga surya yang lebih hemat sehingga masyarakat lebih dapat terbantu dalam pemakaian listrik “ kata Ocsi.

"Alat ini akan terus dikembangkan oleh para mahasiswa sebagai tugas akhirnya, kami selaku dosen pembimbing terus mendukung dan suport untuk karya mahasiswa Polman Babel “ tambahnya.

Menurut Ocsi, saat ini usaha tambak udang vaname merupakan prospek yang sangat bagus dikembangkan karena permintaan pasar terhadap hasil tambak terus meningkat, tetapi kelompok usaha kecil seperti di Desa Tutut ini perlu peralatan dan perlengkapan yang mendukung sehingga hasil panen pun meningkat.

Polman Negeri Babel selalu siap bekerjasama kepada kelompok masyarakat untuk pengembangan teknologi usahanya.

"Karena pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu tridharma perguruan tinggi yang harus dijalankan oleh dosen dan mahasiswa,“ ungkap Ocsi.

(Rilis/PolmanBabel)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved