Breaking News:

Berita Sungailiat

Panwascam Pemali Rekrut Pengawas Pemilu Kelurahan dan Desa se Kecamatan Pemali

Sosialisasi lewat spanduk dalam rekrutmen PKD ini agar masyarakat memiliki kesadaran untuk ikut berparti­sipasi. Khususnya pengawas di tingkat

Penulis: edwardi | Editor: Iwan Satriawan
Bangkapos.com/edwardi
Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pemali Kabupaten Bangka akan melakukan rekrutmen Pengawas Pemilu Kelurahan dan Desa (PKD) ditandai penyebaran spanduk sosialisasi di lokasi strategis dan silaturahmi dengan enam kepala desa (kades). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA --  Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pemali Kabupaten Bangka akan melakukan rekrutmen Pengawas Pemilu Kelurahan dan Desa (PKD) ditandai penyebaran spanduk sosialisasi di lokasi strategis dan silaturahmi dengan enam kepala desa (kades). 

"Kita tadi sudah mengunjungi dan bertemu secara langsung dengan kepala desa se Kecamatan Pemali. Selain silaturahmi, kita sampaikan bahwa akan digelar rekrutmen PKD dalam waktu dekat," kata Ketua Panwascam Pemali, Dedi Damhuri, Kamis (05/01/2023). 

Dijelaskannya, meski petunjuk teknis terkait dengan persyaratan dan tanggal rekrutmen belum keluar, namun pihaknya mulai mensosialisasikan ke masyarakat. 

"Sosialisasi lewat spanduk dalam rekrutmen PKD ini agar masyarakat memiliki kesadaran untuk ikut berparti­sipasi. Khususnya pengawas di tingkat desa dan kelurahan," ujarnya.

Ditambahkannya, nantinya hanya satu orang yang terpilih. Tetapi jika banyak peminat, artinya masyarakat sadar pentingnya pemilu.

"PKD nanti akan mem­bawahi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), yang masing-masing jumlahnya juga satu orang per TPS. Oleh karena itu, nantinya per desa akan ada puluhan TPS," ujarnya.

Diharapkannya PKD ini aktif dan gesit dalam bekerja, terutama untuk laporan yang sifatnya real time. 

Diketahui, berdasarkan UU No 7 Tahun 2017 mengenai Pemilihan Umum, PKD adalah panitia yang dibentuk untuk mengawasi penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada pada tingkat Kelurahaan/Desa yang berjumlah 1 orang/Kelurahan atau Desa.

Panwaslu Kelurahan/Desa berkedudukan dan bekerja di Kelurahan/Desa masing-masing dan secara hierarkis dibawah koordinasi Panwaslu Kecamatan.


(Bangkapos.com/Edwardi)


 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved