Breaking News:

Berita Bangka Selatan

Pemilu 2024, Kursi DPRD Bangka Selatan Bertambah Jadi 30 Kursi, Dapil Tetap Empat

Untuk dapil kita tetap seperti Pemilu 2019 kemarin empat dapil, akan tetapi kursi di DPRD ada penambahan sebanyak lima kursi

Penulis: Adi Saputra | Editor: Iwan Satriawan
Bangkapos.com/Adi Saputra
Ketua KPUD Bangka Selatan, Amri 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangka Selatan (Basel) untuk pemilu 2024 bertambah menjadi 30 kursi, yang terbagi di empat Daerah Pemilihan (Dapil).

Penambahan kursi di DPRD tersebut sesuai dengan jumlah penduduk di Kabupaten Basel, yang sudah mencapai 200 ribu jiwa yang terbagi delapan Kecamatan.

Ketua KPUD Kabupaten Basel Amri menyebutkan, pihaknya sudah melakukan uji publik dan menemui kesepakatan bahwa tidak ada penambahan dapil untuk 2024 mendatang walaupun ada penambahan kursi di DPRD.

"Untuk dapil kita tetap seperti Pemilu 2019 kemarin empat dapil, akan tetapi kursi di DPRD ada penambahan sebanyak lima kursi karena jumlah penduduk di Basel sebanyak 201.984 jiwa yang terbagi di delapan Kecamatan," sebut Amri, Jumat (06/01/2023).

Amri pun menerangkan penyusunan dan perancangan dapil, pihaknya memberikan dua opsi untuk penentuan dapil di Kabupaten Basel.

"Ya kemarin kita kasih dua opsi yaitu pertama tetap menggunakan dapil 2019, opsi kedua melakukan penambahan dapi. Akan tetapi setelah dilakukan votting banyak yang setuju dapil tetap dengan suara 14 dan penambahan dapik hanya 4 suara," terang.

"Sehingga untuk dapil di Basel tetap empat dapil yaitu dapil 1 Toboali : 12 kursi, dapil 2 Air Gegas : 6 kursi, dapil 3 Tukak Sadai, Lepar Pongok, Kepulauan Pongok : 4 kursi, dan dapil 4 Simpang Rimba, Payung, dan Pulau Besar : 8 kursi," tambah Amri.

Dikatakan Amri pihaknya akan tetap akan mengusulkan ke empat dapil kepada KPU RI, untuk melaksanakan Pemilu serentak 2024 mendatang dan sesuai dengan keputusan serta kesepakatan bersama.

"Tetap kita laporkan ke KPU RI, jumlah dapil kita seperti Pemilu 2019. Walapun kursi di DPRD Basel bertambah 5 kursi, yang sebelumnya hanya 25 kursi menjadi 30 kursi di tahun 2024," katanya.

Menurut Amri, KPUD Basel akan tetap mengikuti keputusan dari KPU RI terkait untuk pelaksanaan Pemilu serentak 2024 mendatang. Terutama mengikuti juknis ataupun surat resmi KPU RI.

"Apapun keputusannya nanti ya kita ikuti saja, yang penting kita sudah melakukan penyusunan dan perancangan dapil sebelum pelaksanaan Pemilu serentak 2024," jelasnya Amri.

Dirinya pun mengungkapkan, KPUD Basel terus melakukan berbagai persiapan untuk pelaksanaan Pemilu serentak mendatang.

"Sudah kita laksanakan berbagai kesiapana dan persiapan, terutama SDM yang akan membantu pelaksanaan Pemilu seperti anggota PPK dan PPS di tingkat Desa maupun Kelurahan," ungkapnya.

Amri berharap, Pemilu serentak mendatang dapat berjalan sesuai rencan dan tidak terjadi perselisihan antar peserta Pemilu demi demokrasi yang aman.

"Mudah-mudahan nanti berjalan dengan baik, terutama pesta demokrasi yang digelar lima tahun sekali ini," harap Amri. 

"Intinya kita bersama-sama mensukseskan Pemilu serentak nanti, kita jaga dengan baik dan jangan sampai tercoreng," tegasnya. (Bangkapos.com/Adi Saputra).

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved