Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Setelah Dua Kali Tertunda Berangkat Haji, Pensiunan PNS Ini Rela Jika ONH 2023 Naik

Kementerian Agama (Kemenag) disebut-sebut akan menaikan ongkos naik haji (ONH) menjadi Rp69 juta, untuk pelaksanaan ibadah haji tahun 2023.

Penulis: Rifqi Nugroho | Editor: nurhayati
Istimewa
Usulan Biaya Haji 2023 Kemenag Naik Jadi Rp Rp69 Juta, Ini Alasan Menag Yaqur Cholil Qoumas 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kementerian Agama (Kemenag) disebut-sebut akan menaikan ongkos naik haji (ONH) menjadi Rp69 juta, untuk pelaksanaan ibadah haji tahun 2023.

Dari rencana ini, tentunya ada yang merasa ONH itu terlalu tinggi, namun sebagian menyebutkan wajar saja dengan menimbang masa tunggu keberangkatan 20 tahun ke atas.

Baca juga: Biaya Haji Diusulkan Naik Rp 29 Juta, Ombusdman Bangka Belitung Minta Pelayanan Ditingkatkan

Baca juga: Tahun 2023, Biaya Naik Haji Naik 2 Kali Lipat Dibandingkan tahun 2022, Kini Rp69 Juta, Ini Alasannya

Seorang jamaah haji yang direncanakan berangkat pada tahun 2023 ini, Suhardi (65), menyatakan kesiapannya apabila harus menambah ONH.

"Pertama rencananya tahun 2020 lalu, tapi ya karena kondisi kemarin, tertunda kan. Tahun kemarin juga belum masuk daftar, insyaallah tahun ini. Jadi misal ada biaya tambahan juga ikhlas saja," kata Suhardi kepada Bangkapos.com, Senin (23/1/2023).

Suhardi, menyatakan dirinya, meskipun sudah melakukan pelunasan pada tahun 2020, dia tidak mempermasalahkan apabila rencana kenaikan itu akan diterapkan pada tahun ini.

"Namanya kita harus mengikuti aturan kan, masuk dalam daftar saja sudah senang. Meski kemarin sudah bayar, misal harus ada penambahan insyaalah juga siap," ungapnya.

Pria asal Kelurahan Temberan, yang berstatus sebagai pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini, juga mengungkapkan sudah mendaftar Haji pada tahun 2010 lalu bersama istrinya.

"Kalau daftar sudah dari 2010, waktu masih aktif jadi guru. Kebetulan dulu daftar bersama istri, misal daftar baru-baru ini, pasti semakin lama daftar tunggunya," katanya.

Kuota Haji Sudah Normal, Kabupaten Bangka Diperkirakan Dapat 270 Calhaj

Suhardi juga berharap, penyelenggaraan ibadah haji tahun ini bisa berjalan lancar, setelah mengalami beberapa kali penundaan akibat dari pandemi covid 19.

"Harapan, mudah-mudahan tahun ini diberi kelancaran. Tahu sendiri, pandemi kemarin membuat semua menjadi terbatas kan," ungkapnya.

( Bangkapos.com/Rifqi Nugroho)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved