Breaking News:

Bank Sumsel Babel Tawarkan Plafon KUR 2023 Sampai Rp500 Juta, Simak dan Penuhi Syaratnya

Bank Sumsel Babel Tawarkan Plafon KUR 2023 Sampai Rp500 Juta, Simak dan Penuhi Syaratnya

Penulis: Dedy Qurniawan CC | Editor: Dedy Qurniawan
Bangkapos.com/Sela Agustika
Ilustrasi kantor Bank Sumsel Babel Cabang Pangkalpinang -Bank Sumsel Babel Tawarkan Plafon KUR 2023 Sampai Rp500 Juta, Simak dan Penuhi Syaratnya 

BANGKAPOS.COM -  Kredit Usaha Rakyat ( KUR) bisa menjadi satu di antara alternatif jika Anda berkeinginan memperluas usaha.

Sejumlah perbankan menyediakan fasilitas KUR ini, termasuk bank daerah Bank Sumsel Babel.

Bank Sumsel Babel Cabang Tanjungpandan misalnya, menyiapkan layanan kredit usaha rakyat ( KUR) 2023 dengan plafon pinjaman hingga Rp500 juta.

Kredit ini dapat dimanfaatkan pemilik UMKM dari berbagai sektor seperti pertanian, kuliner, maupun nelayan.

Penyelia Kredit dan Pemasaran Bank Sumsel Babel Cabang Tanjungpandan, Reza menjelaskan penyaluran KUR 2023 masih menunggu kuota.

Diproyeksikan kuota penyaluran KUR 2023 mencapai Rp80 miliar.

"Kalau tahun-tahun sebelumnya, kuotanya diterima pada akhir Januari, sehingga kemungkinan pengajuan KUR dapat mulai dilakukan pada Februari," katanya, Selasa (24/1/2023).

Reza menjelaskan, penyaluran KUR dapat dimanfaatkan untuk pengembangan usaha.

Dari realisasi KUR 2022 Bank Sumsel Babel Cabang Tanjungpandan, pelaku usaha di Belitung memanfaatkan Rp26,4 miliar, baik untuk kredit super mikro, mikro, dan kecil dengan total 453 rekening.

"Peningkatan dari tahun sebelumnya sebesar 152 persen dan jumlah rekeningnya juga meningkat 170 persen dibandingkan tahun 2021," jelasnya.

Dari KUR yang disalurkan, kebanyakan juga dimanfaatkan oleh nelayan di Selat Nasik karena kemudahan akses yang ditawarkan melalui kerjasama perbankan dengan dinas perikanan. Selain sektor perikanan Bank Sumsel Babel Cabang Tanjungpandan juga menyasar para petani sayur dan petani lainnya melalui kerja sama dengan dinas ketahanan pangan dan pertanian.

Syarat

Menurutnya, pengajuan kredit yang disubsidi pemerintah dengan bunga rendah ini pun persyaratannya melengkapi dokumen.

Seperti pas foto, fotokopi KTP, kartu keluarga, surat nikah/akta cerai, juga surat izin usaha mikro dan kecil atau NIB online. Juga dokumen tambahan seperti fotokopi SHM jaminan pinjaman dan NPWP.

Setelah pengajuan perbankan akan memproses penyaluran KUR dengan standar 3-7 hari kerja. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari/deq)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved