Breaking News:

Human Interest Story

Kisah Kamil PKL di Kawasan BTC, Penghasilan Tak Menentu Tergantung Harga Sawit dan Timah  

Provinsi Kepulauan Banga Belitung (Babel), masuk tiga besar daerah yang memiliki penduduk miskin paling sedikit di Indonesia.

Penulis: Rifqi Nugroho | Editor: Fery Laskari
istimewa
Lapak milik Kamil, PKL di Kawasan BTC Pangkalpinang, Selasa (24/1/2023) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Provinsi Kepulauan Banga Belitung (Babel), masuk tiga besar daerah yang memiliki penduduk miskin paling sedikit di Indonesia.

Artinya dapat dikatakan, rata-rata warga di Bumi Serumpun Sebalai ini, memiliki penghasilan relatif lebih tinggi dibandingkan wilayah lain.

Meski begitu, tetap ada sebagian orang yang masih memiliki penghasilan tidak menentu, untuk memenuhi kebutuhan sehari - harinya.

Seperti halnya Kamil, seorang pedagang kaki lima (PKL), yang penghasilan setiap hari tidak menentu dan cenderung tergantung musiman.

Kamil yang merupakan PKL di Kawasan Bangka Trade Center (BTC) Pangkalpinang, menyebutkan, penghasilannya cenderung dipengaruhi harga timah maupun harga kelapa sawit di pasaran.

"Tidak tentu dapat berapa, tapi yang jelas misal timah atau sawit mahal, di sini (Kawasan BTC -red) kita juga ikut senang juga. Hari Sabtu sama Minggu, saat harga timah bagus atau sawit naik, kan banyak dari luar berbelanja di sini, kita ikut ramai juga," ujarnya kepada Bangkapos.com, Selasa (24/1/2023).

Adanya fluktuatif harga komoditas utama itu pula yang membuat penghasilan Kamil selaku PKL menjadi, tidak menentu.

"Kadang dapat lumayan, kadang sepi juga sering, karena pengaruh hasil timah sama sawit lah. Hasil itu, harus cukup, untuk kebutuhan sehari-hari. Kuncinya dibuat cukup saja," katanya.

Yang jelas, Kamil mengaku sudah 20 tahun berjualan di kawasan ini. Ia juga bersyukur, saat beberapa waktu lalu mendapatkan bantuan dari pemerintah untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

"Kemarin pernah dapat bantuan, tapi lupa apa namanya. Tapi saya ambil di Kantor Pos, lumayan untuk tambah-tambah,"  katanya. ( Bangkapos.com/Rifqi Nugroho)

 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved