Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Mantan Narapidana Masih Bisa Buat SKCK, Inilah Syarat-syaratnya

Iya untuk napi semua termasuk napi teroris SKCKnya bisa diterbitkan, tapi harus minta atau harus ada putusan dari Pengadilan

Tribun Pekanbaru
Ilustrasi SKCK 

BANGKAPOS.COM,BANGKA- Kasat Intelkam Polresta Pangkalpinang, AKP Renaldi Guzel  mengungkapkan, para narapidana yang pernah masuk penjara masih bisa mendapatkan surat keterangan catatan kepolisian ( SKCK). 

Hal ini pun diungkapkannya berdasarkan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia nomor 18 tahun 2014, tentang tata cara penerbitan SKCK

"Iya untuk napi semua termasuk napi teroris SKCKnya bisa diterbitkan, tapi harus minta atau harus ada putusan dari Pengadilan," ujar AKP Renaldi Guzel saat dikonfirmasi Bangkapos.com, Selasa (24/1/2023). 

Nantinya untuk SKCK para mantan narapidana, akan dimuat berbagai catatan atau riwayat pidana yang telah dilakukannya. 

"Iya ada catatannya nanti di SKCK, misalnya menjalani hukumannya berapa tahun, pasal berapa, jadi untuk SKCK bisa diterbitkan disini," tuturnya.

Lebih lanjut untuk persyaratan pembuatan SKCK yakni Fotocopy KTP satu lembar, fotocopy kartu keluarga 1 lembar, fotocopy akte kelahiran satu lembar, rumus sidik jari, pas foto latar merah 4x6 empat lembar dan surat rekomendasi dari Polsek setempat. 

Sedangkan untuk syarat membuat kartu sidik jari yakni fotocopy kartu keluarga, fotocopy KTP, foto tampak depan ukuran 4x6 background merah dua lembar, foto tampak depan ukuran 2x3 background merah satu lembar dan foto ukuran 4x6 tampak samping kiri dan samping kanan masing-masing satu lembar. 

"Kalau surat rekomendasi dari Polsek itu digunakan kalau pencari kerja melamar di BUMN atau negeri, tapi kalau swasta gak perlu pakai rekomendasi Polsek," ungkapnya.

Sementara itu untuk biaya pembuatan SKCK yakni Rp 30 ribu, sesuai dengan PP nomor 60 tahun 2016 tentang Penerima Negara Bukan Pajak (PNBP). (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy). 

 

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved