Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Biaya Haji Diusulkan Naik, Pihak Travel Sebut Harga Umrah Disesuaikan pada Fasilitas dan Operasional

Kementerian Agama (Kemenag) mengusulkan kenaikan biaya haji yang harus dibayarkan oleh calon jemaah pada Tahun 2023 menjadi Rp69,2 juta

Penulis: Sela Agustika | Editor: Fery Laskari
Tribunnews
ILUSTRASI: Ribuan umat muslim melakukan thawaf mengelilingi Kabah 

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Kementerian Agama (Kemenag) mengusulkan kenaikan biaya haji yang harus dibayarkan oleh calon jemaah pada Tahun 2023 menjadi Rp69,2 juta. 

Menangapi isu akan adanya kenaikan biaya haji ini pihak travel meminta agar penyesuaian biaya haji bisa berkeadilan dan tidak memberatkan jemaah.

"Kenaikan harga ini mungkin memang berpengaruh terhadap biaya umrah di mana harga hotel saat ini memang alami kenaikan sehingga berdampak operasional yang ada, semoga kenaikan ini bisa dipertimbangkan sehingga sifatnya berkeadilan" kata Agen Travel Umrah di Bangka Belitung, Samira, Faulia kepada Bangkapos.com, Rabu (25/1/2023).

Terkait tarif biaya umrah ia menyebut belum ada kenaikan sejauh ini, dimana pihaknya menawarkan paket sesuai fasilitas yang disediakan.

"Harga paket umrah sesuai dengan hotel yang ditawarkan ada yang bintang lima dan dekat dengan lokasi ibadah dan juga lama masa umrah. Harga paket umroh ini mulai dari Rp30 juta. Dengan adanya kenaikan biaya haji ini, kemungkinan naik ada tapi tidak banyak," ujarnya.

Senada Pimpinan Travel Haji dan Umrah Tanur Mutmainnah Bangka Belitung, HM Rasyid Ridho. Ia menyebut jika pihak travel menyesuaikan dan membuat paket pilihan kepada calon jemaah sesuai fasilitas yang akan diterima para jemaah.

"Harga yang ditawarkan mulai dari Rp30 juta, di mana kita travel harus menjelaskan kepada calon jemaah itu seterangnya, tidak ada fasilitas yang akan didapatkan para jemaah itu disembunyikan harus wajib terbuka sehingga tidak ada jemaah yang kecewa dan dirugikan dengan sengaja apabila ada kenaikan ataupun lainnya," ujarnya. ( Bangkapos.com/Sela Agustika)

 

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved