Breaking News:

Berita Sungailiat

Puluhan Makam di Pekuburan Tionghoa Kemujan Bangka Jadi Sasaran Aksi Vandalisme

TPU Tionghoa Kemujan Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi tempat aksi vandalisme.

Penulis: deddy_marjaya | Editor: Iwan Satriawan
Bangkapos.com/Deddy Marjaya
Anggota Polsek Sungaliat mendatangi TPU Kemujan Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka mengecek aksi vandalisme mencret coret bangunan kubur Rabu (25/1/2023).   

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Puluhan bangunan kubur atau makam di TPU Tionghoa Kemujan Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi tempat aksi vandalisme orang tak bertanggung jawab.

Aksi vandalisme di Pekuburan di bawah naungan dan pengelolaan pihak Yayasan Sejahtera Sungaliat ini diketahui saat warga sembahyang di pekuburan dalam rangka Imlek 2023.

Ketua Yayasan Sejahtera, A Ming Hoya mengatakan pihaknya resmi melaporkan aksi vandalisme tersebut ke Polres Bangka pada Rabu (25/1/2023).

"Sekitar 20 an lebih bangunan kubur yang dicoret coret kita belum tahu motif mereka namun ini baru pertama terjadi," kata Aming Hoya 

Aming menjelaskan bahwa aksi vandalisme tersebut diketahui saat warga Tionghoa melakukan ritual sembahyang dalam rangka Imlek 2023 atau Imlek 2574 Kongzili bebarapa hari lalu.

Informasi yang diterima oleh pihak Yayasan Sejahtera selaku pengelola pekuburan kemudian melakukan pengecekan dan menghitung kuburan yang dicoret.

Coretan berupa tanda silang x dan bulatan o tersebut didapati di sekitar 20 an kabur menggunakan cat semprot.

Anehnya kuburan yang ditandai tidak beraturan dan jauh dari jangkauan.

"Tidak ada yang dipinggir jalan kuburan yang ditandai atau dicoret sulit dijangkau itu yang jadi tanda tanya," kata Aming Hoya 

Menurut AMing Hoya kawasan pekuburan Tionghoa Kemujan memilki luas sekitar 20 hektar.

Kawasan ini memilki lokasi strategis terletak antara Kecamatan Sungaliat dan Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka.

Ini juga yang membuat kawasan ini kerap dijadikan tempat nongkrong anak anak muda mudi baik siang maupun malam hari. Tak jarang mereka terlihat menglonsumsi minuman keras.

"Saya pernah menegur langsung sejumlah anak muda yang nongkrong sambil mengkomsumsi miras, intinya kalau sekedar nongkrong dak masalah jangan menganggu apalagi merusak," kata Aming Hoya.

Pihak Sat Reskrim Polres Bangka dan Polsek Sungaliat yang mendapatkan laporan sudah melakukan pengecekan. Selain itu pihak Yayasan Sejahtera akan dimintai keterangan terkait laporan vandalisme tersebut.

"Sudah kita terima laporannya kita akan lakukan penyelidikan setelah pihak pelapor dimintai keterangan," kata AKP Rene Zhakaria Kasat Reskrim Polres Bangka.(bangkapos.com/deddy marjaya)

 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved