BangkaPos/

Kelenteng Dewi Laut Bakar Thai Se Ja

Kelenteng Dewi Laut (Shen Miu Miau) Tanjung Bunga melakukan upacara sembahyang rebut malam tadi, Sabtu (13/08/2011)

Kelenteng Dewi Laut Bakar Thai Se Ja
bangkapos.com/teddy malaka
Replika Thai Se Ja setinggi enam meter dibakar, malam Minggu (14/8/2011).
Laporan Wartawan Bangka Pos, Teddy Malaka

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kelenteng Dewi Laut (Shen Miu Miau) Tanjung Bunga melakukan upacara sembahyang rebut malam tadi, Sabtu (13/08/2011). Dalam kegiatan itu juga tepat tengah malam Minggu (14/8/2011), replika Thai Se Ja setinggi enam meter di bakar.

Kegiatan tersebut diselenggarakan cukup meriah. Walikota Pangkalpinang menyempatkan hadir dalam upacara tersebut, juga hadir Ketua DPRD Bangka Belitung Ismiryadi.

Ketua Shen Miu Miau, Hendry kepada bangkapos.com kalau kegiatan upacara rebut dan pembakaran Thai Se Ja merupakan untuk pertama kalinya bagi kelenteng tersebut. Dimana kegiatan ini satu-satunya kelenteng yang menyelenggarakan upacara itu di Pangkalpinang.

"Memang di beberapa kelenteng besar melakukan upacara serupa. Untuk di Pangkalpinang, hanya di kelenteng ini, karena di beberapa kelenteng tempatnya tidak memungkinkan," katanya.

Sembahyang rebut, digelar setiap tanggal 14 bulan ke 7 penanggalam Imlek. Dimana upacara tersebut adalah untuk mengembalikan arwah yang liar untuk dapat tenang.

"Mereka (roh) yang liar di dunia, akan dikumpulkan pada malam sembahyang rebut ini. Harapannya agar mereka bisa menuju jalan yang sebenarnya," kata Hendri.

Acara tersebut dihadiri ratusan umat Konghucu yang ada di Pangkalpinang dan sekitarnya. Mereka bersembahyang di kelenteng yang belum lama difungsikan tersebut.

Dalam sebahyang rebut, disiapkan sejumlah makanan dan minuman serta sandang pangan di empat meja altar di depan patung Thai Se Ja. Tepat pulul 00.00 WIB, makanan tersebut diperebutkan oleh masyarakat yang hadir.

"Ini melambangkan umat berbagi rezeki. Harapan kita selalu di berikan rezeki," ungkap Fatim, salah seorang umat Konghucu yang ikut prosesi itu.

Usai acara rebutan, acara puncaknya adalah pembakaran Thai Se Ja. Umat Konghucu pun berdoa untuk diberikan keselamatan.

Editor: ismed
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help