Rabu, 10 Juni 2026

Minum Teh Turunkan Risiko Kanker Prostat

teh diyakini dapat menurunkan risiko kanker prostat pada pria.

Tayang:
Editor: fitriadi
zoom-inlihat foto Minum Teh Turunkan Risiko Kanker Prostat
okezone.com
Ilustrasi
Laporan Wartawan Tribun Jakarta, Daniel Ngantung

BANGKAPOS.COM - Bukan rahasia lagi jika teh sangat berkhasiat untuk kesehatan. Selain menurunkan tekanan darah dan memperkuat sistem imun, teh diyakini dapat menurunkan risiko kanker prostat pada pria.

Demikian kesimpulan penelitian oleh Maastricht University di Belanda terhadap 892 pengidap kanker prostat di Amerika, seperti yang dilansir Daily Mail, Rabu (27/3/2013).

Pria yang mengonsumsi teh setidaknya dua kali sehari mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat hingga 37 persen dibanding mereka yang meminum teh hanya seminggu sekali.

Dalam penelitian itu, tidak dijelaskan alasan medisnya. Namun beberapa penelitan sebelumnya pernah menyimpulkan teh mengandung polyphenols yakni bahan kimiawi yang bersifat melawan penyakit.

Fungsinya adalah melindungi jaringan-jaringan dan organ vital dari sel-sel kanker.

"Ini adalah bukti lainnya jika mengonsumsi teh dapat menjadi opsi untuk menurunkan risiko terserang kanker prostat," tutur peneliti.

Di Inggris, hampir 40 ribu pria didiagnosa kanker prostat setiap tahunnya. Bahkan kanker ini telah merengut sekitar 10 ribu nyawa.

Semakin menuanya umur, semakin besar kemungkinan seorang pria terserang kanker prostat. Selain faktor umur, gen juga diyakini sebagai salah satu penyebabnya.

Sumber: Tribunnews
Rekomendasi untuk Anda
Ikuti kami di
KOMENTAR

Berita Terkini

© 2026 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved