Inilah Manfaat Bercocok Tanam Hidroponik

Hidroponik ini dapat menghemat lahan, dan pemeliharaannya juga tidak ribet dan memakan banyak biaya.

Inilah Manfaat Bercocok Tanam Hidroponik
bangkapos.com/Edwardi
Tanaman Hidroponik milik Doni 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Selain hobi bercocok tanam, Doni Sunyono yang merupakan Ketua Komunitas Hidroponik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, juga melihat peluang bercocok tanam sistem hidroponik ini sangat menguntung dari berbagai aspek.

Hidroponik ini dapat menghemat lahan, dan pemeliharaannya juga tidak ribet dan memakan banyak biaya. Selain itu juga, jelas Doni menjadikan udara jadi lebih sejuk, mengurangi polusi udara,

"Kita hanya menyiapkan peralatan biasa yang dari barang bekas untuk media air, dan bisa juga kita merakit pipa-pipa,, dengan busa-busa, dan alat lainnya, ditambah dengan nutrisi," kata Doni, Sabtu (1/4/17) di rumahnya di RT 08 Kelurahan Bukit Betung Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka.

Dikatakan Doni, bercocok tanam sistem hidroponik ini sangat menguntungkan, mulai dari tempat, waktu, dan tumbuhnya juga sangat cepat.

"Yang menjadi kendala, kita masih mengirim alat-alat khusus untuk hidroponik ini di luar Bangka, karena belum dijual, termasuk juga dengan nutrisi atau pupuknya," jelasnya.

Ke depan juga Doni berharap cocok tanam hidroponik ini semakin diminati masyarakat dan bisa menjadi peluang usaha untuk menambah pendapatan.

"Kita bisa tanam apa saja, bisa sayuran, bunga dan lainnya, karena hidroponik ini cocok untuk semuanya, tinggal kita merawat dan memeliharanya, karena tanaman ini kan sifatnya makan saja, tidak mencari makanan," katanya.

Sementara itu juga, melihat peluang usaha hidroponik ini, Bupati Bangka H. Tarmizi Saat juga beberapa waktu yang lalu mendatangkan temannya yang ahli hidroponik untuk memberikan keterampilan tentang cara bercocok tanam hidroponik bagi masyarakat dan Kelompok Tani Wanita (KWT) di Kabupaten Bangka.

"Kita ingin memanfaatkan pekarangan rumah yang sempit menjadi berguna dan bernilai ekonomis dengan menggunakan sistem hidroponik," ungkap bupati waktu itu.

Penulis: edwardi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help