Badai Dahlia Bergerak Menuju Sumatera, Ini Dampak Buruknya, Waspada!

Berdasarkan rilis analisa BMKG, bibit badai Dahlia berada di Samudera Hindia sebelah Selatan Barat Daya Bengkulu.

Badai Dahlia Bergerak Menuju Sumatera, Ini Dampak Buruknya, Waspada!
Siklon Badai Dahlia 

BANGKAPOS.COM - Akhir-akhir ini cuaca tak menentu terjadi di Indonesia. 

Berdasarkan rilis analisa BMKG, bibit badai Dahlia berada di Samudera Hindia sebelah Selatan Barat Daya Bengkulu, sekitar 8,5LS, 100,8BT (sekitar 540 km sebelah selatan barat daya Bengkulu), dan diprediksi akan berdampak pada peningkatan hujan lebat, tinggi gelombang, angin kencang, maupun potensi kilat atau petir di beberapa wilayah di Indonesia. 

Baca: Siklon Tropis Cempaka Baru Saja Reda, Ini Badai yang Akan Menerjang Selanjutnya

Siklon Tropis Dahlia diperkirakan akan menimbulkan hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang. Kecepatan angin bisa mencapai lebih dari 36 km/jam.

Sepanjang pesisir Barat di Sumatera Barat hingga Lampung, Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat, diperkirakan akan terdampak situasi ini.

Hasil gambar untuk topan dahlia

Selain itu, gelombang laut dengan ketinggian 2,5 - 4 meter juga diperkirakan akan terjadi di perairan Kepulauan Nias, Perairan Kepulauan Mentawai, Samudera Hindia di bagian barat Aceh, hingga Kepualauan Mentawai.

Sementara gelombang laut lebih tinggi, sekitar 4 - 6 meter juga diperkirakan akan terjadi.

Baca: Badai Siklon Tropis Cempaka Tak Hanya Sebabkan Banjir tapi 3 Dampak Lain Tak Kalah Menakutkan

Wilayah yang terdampak adalah di Perairan Enggano, Perairan Barat Lampung, Samudera Hindia Barat Enggano hingga Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Banten, Samudera Hindia Selatan Banten.

Untuk itu BMKG menghimbau kepada masyarakat agar mewaspadai potensi genangan, banjir, maupun longsor. Terutama bagi warga yang tinggal di wilayah rawan banjir dan longsor.

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help