Ini Arti Ucapan Gong Xi Fat Cai Sesungguhnya, Ternyata!

Ucapan selamat tahun baru imlek berbentuk spanduk-spanduk besar dan baliho terpampang jelas di beberapa sudut jalan kota Pangkalpinang

Ini Arti Ucapan Gong Xi Fat Cai Sesungguhnya, Ternyata!
Tribun Jogja
Imlek Tahun Anjing Tanah 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Putrie Agusti Saleha

BANGKAPOS.COM, BANGKA-Ucapan selamat tahun baru imlek berbentuk spanduk-spanduk besar dan baliho terpampang jelas di beberapa sudut jalan kota Pangkalpinang.

Seperti ucapan selamat Hari Raya yang biasanya di ucapkan saat hari besar umat Islam, umat tionghoa pun memiliki kalimat ucapan yang sudah tak asing lagi.

Bun Jit Sui ditemui di kediamannya seminggu sebelum perayaan imlek mengatakan bahwa kalimat Gong xi fat cai bukan memiliki artian selamat tahun baru sebagai mana yang banyak diketahui orang.

"Kalau kami biasanya memiliki kalimat ucapan juga sama kayak Muslim lebaran kan ada ucapan selamat hari rayanya. Kalau kami ucapannya 'Gong Xi Fat Cai, Wan Se Lu Yie, dan Xin Nian Kuai Le'. Untuk Gong Xi Fat Cai artinya bukan selamat tahun baru. Tapi lebih ke selamat sejahtera dan makmur" Ujar Bun Jit Sui.

Selanjutnya ia menjelaskan bahwa untuk Wan Se Lu Yie memiliki makna 'beribu-ribu - ribu persoalan terselesaikan.

Dan sebenarnya Xin Nian Kuai Le lah yang memiliki makna lebih dekat dengan selamat tahun baru dikarenakan kalimat ini memiliki makna 'tahun yang lalu, telah berlalu.(*)

Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help