Kemenhub Sediakan Informasi Seputar Mudik dalam Format Digital

Kemenhub menggandeng XL Axiata untuk menyediakan solusi seputar informasi seputar mudik, seperti peta perjalanan hingga ATM.

Kemenhub Sediakan Informasi Seputar Mudik dalam Format Digital
Handout
Aplikasi Daya Auto di smartphone Android. 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Bila dalam beberapa tahun lalu informasi mudik Lebaran 2018 yang dikeluarkan pihak terkait dalam bentuk materi cetak, tahun ini dipastikan bakal bisa didapatkan dalam perangkat digital.

Kementerian Perhubungan memanfaatkan solusi digital untuk memaksimalkan layananannya ke masyarakat.

Dengan demikian, maka para pemudik tidak perlu lagi menyimpan brosur-brosur mudik, karena semuanya bisa diunduh di ponsel.

Baca: Sebelum Mudik, Pastikan Dulu 11 Poin Ini Aman Agar Tak Pusing di Tengah Jalan

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemhub menggandeng operator telekomunikasi XL Axiata untuk menyediakan solusi seputar informasi seputar mudik, seperti peta perjalanan, ATM, lokasi kantor polisi dan lainnya.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan berangkat dari kenyataan bahwa saat ini masyarakat lebih banyak mencari dan mendapatkan informasi seputar perjalanan mudik melalui perangkat digital atau internet

“Di tahun-tahun sebelumnya, informasi seputar mudik masih dituangkan dalam bentuk hardcopy atau dalam kertas tercetak. Termasuk di antaranya Peta Mudik yang selalu kami bagikan kepada masyarakat," kata Budi Setiyadi.

Baca: Tradisi Mudik Bermula dari Pejabat Majapahit dan Mataram Islam Pulang Menghadap Raja

Menurutnya, untuk saat ini, format seperti itu kurang lagi efektif karena rentan hilang atau rusak, serta butuh biaya tidak sedikit untuk mencetaknya.

Pemerintah membutuhkan dukungan digital untuk menyebarkan informasi seputar mudik, di mana cakupan informasi bisa lebih luas, bisa diakses kapan saja dan di mana saja

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya mengatakan, pihaknya akan membantu pemerintah dalam hal ini apalagi semakin meluas penggunaan sarana digital untuk mengakses informasi oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, pesan dalam format digital juga akan lebih efektif dan efisien. (*)

Baca: Mudik Unik Orang Indonesia, Bawa Ayam hingga Naik Motor Full Muatan Orang dan Barang

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Sediakan Informasi Seputar Mudik dalam Format Digital, http://www.tribunnews.com/techno/2018/06/07/sediakan-informasi-seputar-mudik-dalam-format-digital.

Editor: fitriadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved