Menjelang Idul Adha Pembelian Hewan Qurban Meningkat, Ini Kisaran Harga Sapi Saat Ini

Dua pekan jelang idul adha 1439 H, para penjual hewan qurban kebanjiran pesanan hewan sapi dan kambing. Bahkan hewan sapi

Menjelang Idul Adha Pembelian Hewan Qurban Meningkat, Ini Kisaran Harga Sapi Saat Ini
Bangka Pos/Yudha Palistian
Tempat penjualan hewan qurban (Murni Jaya) yang berlokasi di kelurahan ampui kecamatan pangkalbalam . 

Laporan Wartawan Bangkapos, Yudha Palistian

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dua pekan jelang idul adha 1439 H,  para penjual hewan qurban kebanjiran pesanan hewan sapi dan kambing. Bahkan hewan sapi berasal dari madura dibandrol dengan harga tertinggi yakni mencapai Rp 22 juta.

Tingginya minat masyarakat Pangkalpinang untuk berkurban pada hari raya Idul Adha 2018 ini, membuat para penjual hewan kurban dalam 3 pekan menjelang hari raya menambahkan pengiriman hewan kurban dari madura dan lampung.

Tempat penjualan hewan qurban (Murni Jaya)  yang berlokasi di kelurahan ampui kecamatan pangkalbalam menyebutkan penjualan kambing hingga rabu (1/7/2018) sudah mencapai 200 ekor dan Sapi ada penambahan pengiriman lagi berkisar 380 ekor dari madura dan lampung.

Mansyur (35), pengurus hewan qurban mengatakan Sapi madura bisa dibandrol dari harga Rp 20 juta hingga Rp 22 juta, sedangkan sapi lampung dijual dengan harga Rp 18 juta kebawah.

"Perbedaan sapi madura dan lampung adalah sapi madura khusus untuk berkurban sedangkan sapi lampung untuk dipotong lalu terjual di pasaran," ujarnya kepada bangkapos.

Sementara itu, untuk kambing sendiri bisa dijual dengan kisaran Rp 5 juta hingga Rp 6 juta,  tergantung dengan besar dan beratnya.

Mansyur pun mengatakan bahwa puncak pembelian biasanya akan terjadi pada H-2 Idul adha, sedangkan omset yang dicapai bisa mencapai Rp 500 juta lebih.

Hewan kurban jenis sapi merupakan hewan kurban lokal yang paling banyak diincar oleh calon konsumen yang akan berkurban pada hari raya Idul Adha 2018.

Peningkatan penjualan selalu terjadi disetiap tahunnya, tahun ini penjualan mengalami peningkatan 55 persen dari tahun lalu. Peningkatan terutama pembeli dari para panitia masjid, umumnya para pembeli hewan kurban hanya memesan melalui telefon

Penulis: Yudha Palistian
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved