Breaking News:

Ki Entus Susmono Mendalang Pakai Bahasa Indonesia

Pertunjukan khusus mewarnai puncak perayaan HUT Ke-258 Pangkalpinang di Alun-alun Taman Merdeka (ATM) Pangkalpinang

Ki Entus Susmono Mendalang Pakai Bahasa Indonesia
bangkapos.com/Agus Nuryadhyn
Dalang Ki Enthus Campur Sari Laras Rasa Membawakan lakon pagelran wayang kulit Berjudul Gatot Koco Wisudo berlangsung di ATM Pangkalpinang

Liputan Harian Bangka Pos

- Puncak HUT Ke-258 Pangkalpinang Meriah

PANGKALPINANG, BANGKA POS - Pertunjukan khusus mewarnai puncak perayaan HUT Ke-258 Pangkalpinang di Alun-alun Taman Merdeka (ATM) Pangkalpinang, tadi malam. Kolaborasi dambus dengan gamelan Jawa mengiringi pagelaran wayang kulit semalam suntuk yang menampilkan dalang, Ki Enthus Susmono.

Tidak hanya itu, Ki Enthus Susmono, yang juga adalah Bupati Tegal, Jawa Tengah, mendalang menggunakan bahasa Indonesia. Kehadiran dalang yang kerap memberikan ceramah dalam setiap pementasannya itu menarik perhatian pengunjung yang memadati ATM.

Wali Kota Pangkalpinang, M Irwansyah mengaku sengaja mendatangkan Ki Enthus Susmono sebagai bentuk menjalin silahturahmi. Dia juga menegaskan biaya mendatangkan Ki Enthus tak sebesar yang tersiar di masyarakat.

"Kebetulan juga dia teman saya dan jujur saja, biaya untuk mendatangkan mereka tidak besar. Bukan Rp 900 juta yang disebut banyak orang," kata Wawan, sapaan akrab Irwansyah, Kamis (17/9).

Puncak perayaan HUT Ke-258 Pangkalpinang diawali Tari Campak. Acara berlanjut pagelaran wayang kulit dengan lakon Gatot Kaca. Sinden Megan, dari Amerika Serikat, mengiringi gerak wayang yang dibawakan Ki Enthus Susmono.

Perayaan HUT Ke-258 Pangkalpinang dimulai upacara di halaman Kantor Wali Kota Pangkalpinang. Kegiatan itu dilanjutkan Rapat Paripurna Istimewa di Gedung DPRD Pangkalpinang. Rombongan kemudian menghadiri peresmian rumah tidak layak huni menjadi rumah layak huni di Kelurahan Ketapang.

Sebelum puncak perayaan tadi malam, ribuan orang mengikuti Nganggung Akbar di sepanjang Jalan Merdeka, tepatnya di depan rumah dinas Wali Kota. Masyarakat yang hadir di nganggung akbar dihadapkan sebanyak hampir 3.000 dulang berisi makanan. Mereka tampak antusias membuka tudung saji yang menutupi dulang.

"Tahun depan kita selenggarakan ini, karena kita lihat luar biasa antusiasnya, mudah-mudahan bisa menjadi potensi pariwisata di Kota Pangkalpinang, untuk hari ini dulang yang disediakan hampir 3000 dulang," kata Wawan di sela acara Nganggung Akbar.

Halaman
12
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved