Beginilah Kisah Gerbong Maut, Gerbongnya Para Pejuang Kemerdekaan

proyek "Gerbong Maut" ini termasuk ke dalam perencanaan pengembangan Museum Kereta Api Stasiun Bondowoso tahun 2017. Ia menargetkan, "Gerbong Maut" ..

Beginilah Kisah Gerbong Maut, Gerbongnya Para Pejuang Kemerdekaan
KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F.
Gerbong Maut di Museum Brawijaya, Kota Malang, Jawa Timur. 

BANGKAPOS.COM -- PT. KAI berencana menghadirkan koleksi "Gerbong Maut" di Museum Kereta Api Stasiun Bondowoso pada tahun 2017. "Gerbong Maut" adalah julukan bagi gerbong kereta api yang memiliki peristiwa bersejarah bagi Kabupaten Bondowoso.

BACA: Aniaya Wartawan dan Warga, Presiden Diminta Copot Danlanud Soewondo di Medan

Manager Museum PT. KAI, Sapto Hartoyo mengatakan, koleksi "Gerbong Maut" akan mencoba menampilkan gerbong kereta yang pernah membawa pejuang kemerdekaan dari Stasiun Bondowoso menuju Surabaya di Museum Kereta Api Stasiun Bondowoso.

BACA: Ketahuan Jadi Mata-mata, ISIS Rebus Enam Orang di Dalam Tangki Ter yang Mendidih

"Kalau kita dapat gerbong yang asli kita buat sama tapi kalau nggak ada ya kita pakai bahan lain. Artinya kita buat replikanya," kata Sapto saat dihubungi KompasTravel, Senin (15/8/2016).

Menurut Sapto, proyek "Gerbong Maut" ini termasuk ke dalam perencanaan pengembangan Museum Kereta Api Stasiun Bondowoso tahun 2017. Ia menargetkan, "Gerbong Maut" akan hadir pada pertengahan tahun 2017 yakni bulan Juni.

BACA: Notulen Ganteng di Sidang Jessica yang Duduk di Belakang Hakim Ini Bikin Netizen Penasaran

"Di dalamnya kita akan pamerkan barang-barang yang dipakai para pejuang seperti sepatu, pakaian dan lain-lain. Kita buat satu gerbong dan nanti kita pamerkan di emplasement (jalur rel kereta) Stasiun Bondowoso," jelasnya.

Sapto berharap melalui koleksi replika "Gerbong Maut", nantinya generasi muda khususnya yang berada di Jawa Timur lebih bisa menghargai jasa para pahlawan. Selain itu, menurut Sapto, replika "Gerbong Maut" bisa menggambarkan bahwa kereta api merupakan transportasi utama pada saat itu.

"Gerbong Maut" adalah gerbong yang digunakan militer Belanda untuk membawa tawanan yakni orang-orang Indonesia dari Penjara Bondowoso ke Penjara Bubutan tahun 1947.

Halaman
12
Editor: asmadi
Sumber: Tribun Solo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved