Breaking News:

Cerita Mistis di Balik Gunung Kinabalu Malaysia

"Kami percaya Gunung Kinabalu itu sebagai gunung yang suci. Gunung Kinabalu merupakan tempat tinggal bagi roh-roh manusia yang telah..."

Editor: Asmadi Pandapotan Siregar
KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO
Sinar matahari pagi menyelimuti Gunung Kinabalu dilihat dari Kundasang, Ranau, Sabah, Malaysia, Senin (21/11/2016). Gunung Kinabalu dipercaya masyarakat Kandazan Dusun sebagai tempat tinggal roh-roh setelah mati sebelum pergi ke surga. 

BANGKAPOS.COM, KINABALU -- Gunung Kinabalu adalah gunung tertinggi di Malaysia. Gunung Kinabalu juga menawarkan pengalaman menginap layaknya di hotel sebelum menuju puncak gunung.

Baca: Presiden Jokowi Pertimbangkan Usulan Dialog Nasional Usai Aksi 2 Desember

Gunung Kinabalu sendiri merupakan salah satu obyek wisata yang ditawarkan untuk penggemar wisata petualangan. Gunung Kinabalu memiliki ketinggian 4.095,2 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Baca: Inilah Laporan Harta Kekayaan Cagub-Cawagub DKI Jakarta

Nah, ternyata Gunung Kinabalu dipercaya sebagai gunung suci bagi masyarakat Kandazan Dusun. Demikian yang disampaikan oleh pemandu wisata "Sabah Familiarization Trip" Bobby Wesley.

"Kami percaya Gunung Kinabalu itu sebagai gunung yang suci. Gunung Kinabalu merupakan tempat tinggal bagi roh-roh manusia yang telah mati," kata Bobby kepada KompasTravel beberapa waktu lalu.

Baca: Waspada, Bahaya Mengintai, Ada Tante Ngajak Ngamar di Bypass Kusamba

Ia mengatakan masyarakat Kandazan Dusun percaya jika orang-orang yang telah mati akan pergi ke Gunung Kinabalu sebelum beranjak ke surga. Masyarakat Kandazan Dusun adalah salah satu suku asli masyarakat Sabah.

"Orang lokal (Kandazan Dusun) percaya, roh itu akan ditangkap oleh dukun. Dukun itu mengejar hingga ke Panar Laban dan ditangkap dengan ilmu yang dimiliki oleh dukun itu," jelasnya.

puncak kinabaluKOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO
Puncak St. John di Gunung Kinabalu, Sabah, Malaysia, Selasa (22/11/2016) dengan ketinggian 4.091 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Kinabalu dipercaya masyarakat Kandazan Dusun sebagai tempat tinggal roh-roh setelah mati sebelum pergi ke surga.

Setelah itu, lanjut Bobby, roh-roh yang tertangkap di Panar Laban akan tinggal di puncak-puncak Gunung Kinabalu. Itulah cerita-cerita kepercayaan masyarakat setempat terkait Gunung Kinabalu.

Adapun Kinabalu sendiri terdiri dari dua suku kata dari bahasa Kandazan Dusun yang memiliki arti. Bobby mengatakan Kinabalu terdiri dari kata Aki dan Nabalu.

"Aki itu nenek moyang dan Nabalu itu batu-batu besar. Batu-batu besar itu tempat roh-roh tinggal," jelasnya.

Nama Kinabalu sendiri punya arti yang terkait dengan kepercayaan masyarakat Kandazan Dusun. Masyarakat setempat percaya ketika mati, mereka akan pergi ke Gunung Kinabalu.

Gunung Kinabalu sendiri bisa diakses melalui jalur Timpohon. Sementara, jalur Mesilau hingga saat ini belum bisa diakses pasca gempa bumi bulan Juli 2015.

Penulis : Wahyu Adityo Prodjo

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved