Lepas Penyu Ke Laut, Gubernur Belajar Dari Sian Soegito Tentang Filosofi Tukik

Gubernur Babel H Erzaldi Rosman Djohan bersama istri melepas penyu di Pantai Tongaci Sungailiat

Lepas Penyu Ke Laut, Gubernur Belajar Dari Sian Soegito Tentang Filosofi Tukik
Bangkapos.com/Nurhayati
 Gubernur Babel H Erzaldi Rosman Djohan bersama istri Hj Melati Erzaldi, didampingi Owner Penangkaran Tukik Batavia Beach Sian Soegito melepaskan penyu di Pantai Tongaci Sungailiat, Sabtu (22/7/2017). 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Gubernur Babel H Erzaldi Rosman Djohan bersama istri Hj Melati Erzaldi didampingi Owner Penangkaran Tukik Batavia Beach Sian Soegito melepas penyu di Pantai Tongaci Sungailiat, Sabtu (22/7/2017).

Dari tempat penyu yang siap di lepas ke pinggir pantai yang berjarak sekitar dua meter Erzaldi bersama sang istri mengangkat penyu tersebut dengan tangan mereka.

Melati sempat menjerit kecil ketika penyu ditangannya hampir terlepas karena licin dan cukup berat. Apalagi penyu tersebut bergerak-gerak ingin melepaskan diri.

Kemudian penyu-penyu itu diletakkan di pasir dan dengan berlahan-lahan berjalan menuju ke pantai, kemudian berenang ke laut bebas menuju habitatnya yang baru.

"Kamu jaga laut ya. Kamu jaga laut Bangka Belitung ya," pesan Sian kepada penyu-penyunya ketika dilepas dari tempat penangkaran ke laut lepas ke laut.

Gubernur Babel H Erzaldi Rosman Djohan bersama istri Hj Melati Erzaldi, didampingi Owner Penangkaran Tukik Batavia Beach Sian Soegito melepaskan penyu di Pantai Tongaci Sungailiat, Sabtu (22/7/2017). (nurhayati/bangkapos.com)
Gubernur Babel H Erzaldi Rosman Djohan bersama istri Hj Melati Erzaldi, didampingi Owner Penangkaran Tukik Batavia Beach Sian Soegito melepaskan penyu di Pantai Tongaci Sungailiat, Sabtu (22/7/2017). (nurhayati/bangkapos.com) ()

Diakui Erzaldi kedatangannya untuk melepas penyu ini untuk mendengar langsung masukan-masukan dari para sahabatnya dan masyarakat baik dari kalangan pengusaha, petani hingga nelayan.

"Hari ini alhamdulillah saya ke lokasi wisata Tonggaci. Saya bersama owner Pak Sian melepaskan penyu sekaligus melihat kondisi yang berada di sepanjang pantai yang dikelola oleh Tonggaci," jelas Erzaldi kepada bangkapos.com, Sabtu (22/7/2017) di Pantai Tonggaci.

Ia justru belajar dari Sian Soegito untuk penangkaran tukik. Di Kabupaten Bangka Tengah juga menurutnya, ada penangkaran tukik yang nanti akan diperbesar. Bahkan Erzaldi mengaku baru tahu filosofi tukik dari Sian yang maknanya sangat bagus.

Penulis: nurhayati
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved