Breaking News:

Breaking News

BREAKING NEWS: Kenali Terasi Mengandung Pewarna Pakaian, Inilah Ciri-cirinya

Kepala UPT Pasar Sungailiat, Ahmad Suherman mengimbau agar masyarakat lebih waspada terhadap bahan pangan yang mengandung zat berbahaya.

Penulis: nurhayati
Editor: khamelia
(nurhayati/bangkapos.com)
Kepala UPT Pasar Sungailiat Ahmad Suherman bersama stafnya dan Petugas Polsek Sungailiat Dika menunjukan terasi mengandung bahan rhodamin B, Selasa (29/8/2017) di Kantor UPT Pasar Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Kepala UPT Pasar Sungailiat, Ahmad Suherman
mengimbau agar masyarakat lebih waspada terhadap bahan pangan yang mengandung zat berbahaya.

Seperti terasi yang mengandung zat pewarna berbahaya Rhodamin B yang mereka temukan dari hasil pemeriksaan sampel, Selasa (29/8/2017) di UPT Pasar Sungailiat.

Guna mengetahui ciri-ciri terasi mengandung zat pewarna berbahaya Rhodamin B atau menggunakan pewarna pakaian ini adalah tekstur terasi tersebut kasar, pewarna merahnya tidak merata, berwarna merah mencolok, dan keras.

Beginilah salah satu ciri terasi yang mengandung rhodamin atau pewarna pakaian yang sangat berbahaya jika dikonsumsi manusia
Beginilah salah satu ciri terasi yang mengandung rhodamin atau pewarna pakaian yang sangat berbahaya jika dikonsumsi manusia (ist)

"Kalau dari udang kan lembut tidak keras seperti ini. Ini ada sisik-sisik ikan di produk terasinya. Diragukanlah dia menggunakan bahan udang. Produknya juga menggunakan zat pewarna. Kalau aslinya mungkin berwarna hitam, pucat tapi karena ini pakai zat pewarna menjadi merah, warnanya biar menarik," ungkap Suherman kepada bangkapos.com.

Sedangkan produk terasi yang sudah lama tidak terjual tersebut berwarna coklat dimana zat pewarnanya sudah pudar dan terasinya mengeras. "Keras untuk melempar kaca pecah ini," kata Suherman sambil memegang terasi berhodamin yang sudah lama.

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved