Belajar Tenun dan Sejarah Cual, SMAN I Sungailiat Kunjungi Museum Cual

Sebagai sekolah rujukan, maka program salahsatunya kewirausahaan, untuk itu kami memilih Museum Cual Ishadi

Belajar Tenun dan Sejarah Cual, SMAN I Sungailiat Kunjungi Museum Cual
Bangkapos/agus nuryadhyn
Siswa SMAN 1 Sungailiat mencoba untuk belajar tenun kain cual di Museum Cual Ishadi Jalan Ahmad Yani Pangkalpinang 

Laporan Wartawan Bangkapos, Agus Nuryadhyn

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Rombongan siswa Sekolah Menengah Negeri 1 Sungailiat berkunjung ke Museum Cual Ishadi Pangkalpinang, Rabu (6/9/2017).

Rombongan siswa dibawah koordinator Kewirausahaan SMAN 1 Sungailiat Solihayati dan beberapa orang guru, mendapat penjelasan dari Hj Isnawati Hadi pemilik Museum Cual Ishadi.

Selain mendapatkan pengetahuan tentang sejarah kain cual, para siswa ini secara bergantian mencoba praktik membuat kain tenun cual.

Solihayati menjelaskan kunjungan siswa ke kuseum cual ini untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada siswa mengenai pakaian khas Bangka yaitu kain cual.

Disamping Itu menurut Solihayati bahwa kegiatan ini kewirausahaan sekolah rujukan SMAN 1 Sungailiat.

"Sebagai sekolah rujukan, maka program salahsatunya kewirausahaan, untuk itu kami memilih Museum Cual Ishadi di Pangkalpinang ," ungkapnya.

Bahkan ini menurut Solihayati akan berkelanjutan yang akan bekerjasama dengan pemerintah daerah terkait yang dapat membantu sekolah. Dimana kata Solihayati saat ada kunjungan dari sekolah lain, bahwa SMAN 1 Sungailiat ada kewirausahaan.

Salah seorang siswa kelas 12 IPS SMAN 1 Sungailiat, Sulfiana mengemukakan untuk belajar tenun kain cual ini perlu miliki kesabaran dan harus benar-benar konsentrasi.

"Harus konsentrasi dan sabar saat akan tenun kainnya," jelasnya.

Bahkan Sulifiana merasakan kesulitan saat baru mencoba dan akan menenun. Namun setelah beberapa kali mencoba dan sudah sedikit lancar.

Pemilik Museum cual Ishadi memberikan apresiasi kepada sekolah SMAN 1 Sungailiat yang telah meluangkan waktunya untuk berkunjung. Bahkan Siswa secara bergantian mencoba menggunakan alat untuk tenun kain cual.

Dalam kesempatan itu dihadapan para siswa SMAN 1 Sungailiat, Hj Isnawati menceritakan sejarah asal muasal Kain Cual di Bangka. (*)

Penulis: agusrya
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved