Breaking News:

Lidah Para Pemain Top Dunia Ini Tertelan, tapi Selamat Berkat Pertolongan Cepat, Lihat Videonya!

Insiden tertelannya lidah pemain sepak bola bukan hanya menimpa Choirul Huda. Sejumlah pemain top dunia juga pernah mengalaminya.

Editor: fitriadi
Pandit Football
Jaba Kankava, pemain Dnipro Dnipropetrovsk mencoba menyelamatkan Oleg Gusev, kapten Dinamo Kiev yang tertelan lidahnya. Gusev selamat tapi jari Kankava terluka karena gigitan Gusev. 

BANGKAPOS.COM - Insiden meninggalnya Kiper Persela Lamongan, Choirul Huda, adalah duka kita semua, duka sepakbola Indonesia.

Benturan dalam sepakbola hal biasa. Namun menjadi luar biasa jika benturan itu mengakibatkan cidera seris atau bahkan mengakibatkan kematian seperti kasus Choirul Huda.

Jika seksama melihat video detik-detik Huda berbenturan dengan pemain lainnya, nampak lidah Huda tertelan.

//

dr Dyah Wijayanti selaku koordinator kesehatan KONI Jatim mengungkapkan, memang lidah juga paling sering menyebabkan sumbatan jalan nafas pada kasus korban dewasa.

Saat korban hilang kesadaran, otot-otot akan melemas, termasuk otot dasar lidah yang jatuh ke belakang sehingga jalan napas tertutup.

"Contoh sederhana seperti saat orang ngorok, itu ada sumbatan. Itu salah satu tanda ada pembuntuan jalan napas," katanya.

Dyah menuturkan, benturan yang terjadi sangat mungkin berujung pada tersumbatnya jalan napas.

Dalam kasus Choirul, penyelamatan menjadi tantangan tersendiri.

Pengecekan kemungkinan atlet mengalami gagal napas dan hypoxia harus dilakukan sesegera mungkin. Namun, pengecekan kadang bisa terhambat.

"Saat (korban) blek (jatuh), kita enggak bisa langsung ke lapangan, harus tunggu perintah dari wasit," tukasnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved