Breaking News:

LIVE NASA -- Melihat Gerhana Bulan Total dari Teleskop dan Satelit Luar Angkasa

Fenomena Super Blue Blood Moon atau Supermoon yang bertepatan dengan Gerhana Bulan Total

BANGKAPOS.COM -- Sejumlah lembaga melakukan siaran langsung penampakan gerhana bulan total yang berlangsung malam ini. Mulai dari NASA hingga BMKG melakukan siaran langsung.

Fenomena Super Blue Blood Moon atau Supermoon yang bertepatan dengan Gerhana Bulan Total, yaitu posisi matahari, bumi dan bulan berada pada satu garis lurus.

*Penampakan Gerhana Bulan dari luar angkasa

Berikut Live dari BMKG:

Melalui laman twitter BMKG menyampaikan sejumlah informasi penting yang harus diketahui masyarakat saat peristiwa ini terjadi.

1. Fenomena langka Super Blue Blood Moon, diikuti
2. Gerhana Bulan Total (GBT) terlama di abad ini (31/01/2018)
3. Waspada banjir Rob ketika Supermoon, dan
4. Hujan lebat dan angin kencang hingga sepekan ke depan di sebagian wilayah Indonesia

Fenomena Langka Nan Cantik "Super Blue Blood Moon", Waspadai "Rob"

Fenomena Super Blue Blood Moon atau Supermoon yang bertepatan dengan Gerhana Bulan Total, yaitu posisi matahari, bumi dan bulan berada pada satu garis lurus.

Kejadian Gerhana Bulan Total dapat diamati di sebagian besar wilayah Indonesia. Fenomena ini merupakan fenomena langka karena akan terulang lebih dari 100 tahun untuk di Amerika, sementara wilayah Indonesia 36 tahun (30-31 Desember 1982) sehingga masyarakat diharapkan melihat atau mengamati fenomena ini dan bukan dijadikan sesuatu yang menakutkan.

Kepala BMKG, Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D. menjelaskan di depan media massa, senin siang bahwa pengamatan ini dapat dilihat secara ideal dari daerah perbatasan mulai dari perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur hingga daerah yang berada di sebelah barat Sumatera, yaitu melintas di Samudera Hindia yang berada sebelah barat Sumatera yang merupakan zona bulan terbit saat fase gerhana penumbra berlangsung.

Halaman
123
Penulis: Teddy Malaka
Editor: Teddy Malaka
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved