PT THEP dan KSU Aneka Ragam Tandatangani Perjanjian Konversi Lahan

PT THEP menjalin perjanjian kerjasama konversi dan akad kredit kebun plasma dengan KSU Aneka Ragam Desa Kayu Arang.

Bangka Pos/Agus Nuryadhyn
Direktur Umum PT THEP, Datuk H Ramli Sutanegara dan Pengurus KSU Aneka Ragam Desa Kayu Arang menandatangani kerjasama konversi, Selasa (8/5). 

KELAPA, BANGKA POS - PT Tata Hamparan Eka Persada (THEP) menjalin perjanjian kerjasama konversi dan akad kredit kebun plasma dengan Koperasi Serba Usaha (KSU) Aneka Ragam Desa Kayu Arang untuk konversi lahan seluas 117,03 Hektare (ha), Selasa (8/5).

Perjanjian kerjasama konversi ini mendapat sambutan baik bagi Pemerintah Kabupaten Bangka Barat serta aparat desa setempat.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat, Edi Usman menjelaskan keberadaan perkebunan kelapa sawit dan terbentuknya koperasi ini akan dapat memberikan keuntungan bagi petani. Perkebunan kelapa sawit merupakan komoditi sumber akselerasi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bangka Barat.

“Penandatanganan perjanjian kerjasama akan dapat mewujudkan sistem kemitraan yang lebih baik, dari yang telah ada selama ini,” ujar Edi.

Dijelaskan Edi Usman, perkebunan kelapa sawit merupakan komoditas stra­tegis yang menjadi tumpuan dan harapan bagi petani. Keberadaan perkebunan kelapa sawit untuk mewujudkan kesetaraan pembangunan bersifat inklusif yaitu pro foor dan pro job.

Direktur Umum PT THEP, Datuk H Ramli Sutanegara mengemukakan, dalam program kebun inti plasma PT THEP memberikan 60 persen 40 persen. Sehingga sudah melebihi dari ketentuan pemerintah, hanya 20 persen.

“Apa yang sudah dilakukan PT THEP, sudah melebihi dari ketentuan pemerintah hanya 20 persen,” jelasnya.

Dalam pengelolaan perkebunan kelapa sawit, kata mantan Anggota MPR RI, Datuk H Ramli Sutanegara, bahwa saat ini mengelola perkebunan kelapa sawit, baik di Bangka, Belitung dan Sumatera. Dari perusahaan ini sudah melebihi dari peraturan pemerintah.

“Dari aturan pemerintah untuk kebun inti plasma mengisyaratkan hanya 20 persen, sedangkan dari perusahaan perkebunan kelapa sawit PT THEP membuatnya 40 persen. Sehingga apa yang dilakukan ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Datuk H Ramli Sutanegara.

Ditambahkan H Sudarsih, GM Plantation PT THEP Estate II, bahwa perusahaan kebun kelapa sawit PT THEP melakukan kerjasama de­ngan 11 koperasi serba usaha (KSU), di antaranya 8 ko­perasi di Kabupaten Bangka dan 3 koperasi di Kabupaten Bangka Barat.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved