Kapal Pengangkut Harta Karun Bernilai Rp 240 Triliun Berhasil Ditemukan

Sekelompok ilmuwan asal AS menemukan sebuah kapal layar Spanyol yang tenggelam lebih dari 300 tahun lalu di Laut Karibia.

Kapal Pengangkut Harta Karun Bernilai Rp 240 Triliun Berhasil Ditemukan
Dalam lukisan Samuel Scott (1702-1778) ini menggambarkan tenggelamnya kapal Spanyol, San Jose di tangan armada Inggris pada 28 Mei 1708 di Cartagena, Kolombia. (Wikipedia) 

BANGKAPOS.COM - Sekelompok ilmuwan asal AS menemukan sebuah kapal layar Spanyol yang tenggelam lebih dari 300 tahun lalu di Laut Karibia.

Luar biasanya, kapal San Jose ini membawa harta bernilai lebih dari 12,6 miliar poundsterling atau lebih dari Rp 240 triliun.

Kapal ini sebenarnya sudah ditemukan tiga tahun lalu, tetapi saat itu tidak banyak informasi yang diberikan kepada publik.

Kapal layar tiga tiang yang dipersenjatai 62 meriam itu tenggelam pada Juni 1708, dalam pertempuran dengan kapal-kapal Inggris.

Saat tenggelam 600 orang awaknya tewas.

Muatan kapal ini yaitu emas, perak, dan permata yang dianggap amat berharga.

Sayangnya hingga tiga tahun lalu lokasi tenggelamnya San Jose tetap menjadi misteri.

Kapal itu ditemukan dengan menggunakan wahana bawah laut yang dioperasikan Institusi Oseanografi Woods Hole (WHOI).

Pada 2015, pemerintah Kolombia mengumumkan penemuan San Jose tetapi rincian masalah tersebut baru dirilis pekan ini seizin lembaga-lembaga yang terlibat dalam penemuan tersebut.

"Kami menahan informasi ini demi menghormati pemerintah Kolombia," kata Rob Munier, wakil presiden fasilitas kelautan dan operasi WHOI.

Halaman
12
Editor: zulkodri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved