Breaking News:

Inilah 4 Unicorn Kebanggaan Indonesia

Dalam debat kedua capres, Joko Widodo (Jokowi) pertanyaan kepada Prabowo Subianto tentang strategi peningkatan startup unicorn di Indonesia

Editor: khamelia
infokomputer.grid.id
nilah 4 Unicorn Kebanggaan Indonesia 

BANGKAPOS.COM - Ada beberapa hal yang tercatat dari keseruan dalam Debat Pilpres 2019 kedua yang digelar semalam, Minggu (17/2/2019), salah satunya pertanyaan tentang Unicorn, startup yang bernilai di atas 1 juta dolar AS.

Dalam debat kedua capres, Joko Widodo (Jokowi) pertanyaan kepada Prabowo Subianto tentang strategi peningkatan startup unicorn di Indonesia saat menjadi Presiden terpilih.

Usai Jokowi menanyakan hal itu, tampak Prabowo kurang memahami apa yang dimaksud dengan unicorn.

"Unicorn, apa yang dimaksud unicorn?," tanya balik Capres nomor 02. "Apa itu unicorn, yang online-online itu?"

Istilah Unicorn mengacu kepada startup yang memiliki valuasi senilai 1 miliar dolar Amerika (sekitar Rp 13,1 triliun) atau lebih.

Nilai valuasi unicorn itu dapat mengukur tingkat kesuksesan sebuah startup karena startup itu telah terbukti berhasil mengimbangi kesuksesan perusahaan-perusahaan besar lainnya.

Saat ini terdapat 229 startup yang masuk dalam kategori unicorn. Semua startup unicorn itu tersebar di berbagai belahan dunia termasuk Amerika Serikat, Tiongkok, Jerman, India, Kanada, Inggris, dan Singapura.

Startup ini pun menggeluti bidang yang bervariasi seperti keuangan, pemasaran, pelayanan, ritel, dan bahkan games seperti dikutip Venture Beat.

Indonesia sendiri memiliki 4 startup unicorn yaitu Tokopedia dengan valuasi sebesar Rp 50 triliun, Gojek dengan valuasi sebesar Rp 40 triliun, Traveloka dengan valuasi sebesar Rp 26 triliun serta Bukalapak dengan valuasi sebesar Rp 15 triliun.

1. Gojek meraih predikat unicorn pertama di Indonesia

Gojek, merupakan startup yang berdiri di industri teknologi dan transportasi. Gojek didirikan pada tahun 2010 oleh Nadiem Makarim. Awalnya, Gojek hanya menawarkan layanan transpotasi berbasis ojek online.

Halaman
123
Tags
Unicorn
Sumber: Info Komputer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved