Dua Hari Lagi Bulan Rajab, Inilah Hukum dan Niat Puasa di Bulan Rajab

Bulan Rajab 1440 H akan jatuh pada 8 Maret 2019 yang artinya sebentar lagi kita akan memasuki bulan ke-7 dalam kalender Hijriyah.

net
doa puasa bulan rajab 

BANJARMASINPOST.CO.ID – Dua hari lagi tahun Hijriah akan singgah di bulan Rajab.  Bulan Rajab 1440 H akan jatuh pada 8 Maret 2019 yang artinya sebentar lagi kita akan memasuki bulan ke-7 dalam kalender Hijriyah.

Bulan Rajab dikategorikan sebagai bulan haram (bulan mulia) selain bulan Ramadhan bersama Dzul Qa'dah, Dzul Hijjah, Muharram.

Sebagian umat Islam menjalankan sunnah puasa di Bulan Rajab.

Menurut Buya Yahya dilansir Al Bahjah TV yang diunggah 11 Maret 2018, menjelaskan mengenai hukum puasa Rajab yang biasanya dimulai pada 1 Rajab.

Ada riwayat yang menjelaskan mengenai puasa bulan Rajab.

Aku bertanya pada Sa’id bin Jubair tentang puasa Rajab dan kami saat itu sedang berada di bulan Rajab, maka ia menjawab:

Aku mendengar Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata: “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa berpuasa sampai kami berkata nampaknya beliau akan berpuasa seluruh bulan.

Namun suatu saat beliau tidak berpuasa sampai kami berkata : Nampaknya beliau tidak akan puasa sebulan penuh.” (HR. Muslim dalam kitab Ash Shiyam. An Nawawi membawakannya dalam Bab Puasa Nabi Muhammad SAW di selain bulan Ramadhan).

Dalam hadits tersebut menjelaskan Nabi Muhammad SAW pernah puasa banyak sekali di bulan Rajab.

Sampai para sahabat mengatakan Nabi Muhammad SAW penuh berpuasa di bulan Rajab.

Halaman
1234
Editor: teddymalaka
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved