Pelaku UMKM : Pak Bahar Jiwa Sosialnya Tinggi dan Ramah

Pemilik pengolahan ikan di desa Rebo, Sungailiat merasa girang saat tempat pengolahan ikannya didatangi oleh Anggota DPD RI, Bahar Buasan.

Pelaku UMKM : Pak Bahar Jiwa Sosialnya Tinggi dan Ramah
Bangkapos.com
Bahar Buasan saat meninjau UMKM pengolahan ikan di Pantai Rebo 

BANGKAPOS.COM--Pemilik pengolahan ikan di desa Rebo, Sungailiat merasa girang saat tempat pengolahan ikannya didatangi oleh Anggota DPD RI, Bahar Buasan.

Dengan sederhana, pemilik dan para pekerja di pengolahan ikan tersebut menyambut kedatangan Bahar Buasan yang berkaos merah dan celana training yang baru saja selesai mengikuti gowes.

Meskipun berada di lingkungan pengolahan ikan, tampak tak segan-segan Bahar Buasan menyalami satu persatu pekerja yang ada di tempat itu.

"Wah, kami sangat senang pak Bahar sudah hadir ke tempat kami ini," kata Abun Pengelola pengolahan ikan menjadi ikan asin itu.

Pengelola produk olahan itu mengatakan, Bahar Buasan merupakan anggota dewan yang mempunyai rasa sosial yang tinggi. Tidak pernah lupa dengan masyarakat di desa-desa.

"Pak Bahar ini bagus sekali, sosialnya tinggi, segar sama dia. Asal turun ke Sungailiat pasti menyapa kami ngobrol-ngobrol gitu," ujar Abun.

Abun menjelaskan pekerja yang berjumlah 6 orang bisa memproduksi ikan asin di tempatnya rata-rata 1 hingga 4 ton perhari, sesuai dengan permintaan pasar.

"Harganya rata-rata 25.000 perkilo dan kita antar ke Jakarta pakai kapal. Biasanya 4 hari sampai 1 minggu sekali pengirimannya. Ada ikan dencis, bilis beragamlah," kata Abun.

Melihat usaha yang tengah berkembang itu, Bahar Buasan Merasa usaha seperti ini perlu dikembangkan lagi. Sempat juga dirinya memberi masukan pada pengelola agar senantiasa menjaga kebersihan dan kehigenisan dari produknya.

"Saya fikir ini adalah suatu usaha masyarakat yang sukses dan bisa dikembangkan lagi. Tadi sudah kita beri masukan bagaimana agar lebih dijaga kebersihannya supaya produknya bertahan lebih lama," ujar Bahar Buasan.

Penulis: ibnu Taufik juwariyanto
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved