Berita Pangkalpinang

Pemprov Babel Akan Bangun Pelabuhan Tuing Secara Bertahap

emerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung rencananya akan membangun pembangunan Pelabuhan Tuing di Kabupaten Bangka,

Pemprov Babel Akan Bangun Pelabuhan Tuing Secara Bertahap
bangkapos/Nurhayati
Keindahan Pantai Tuing. 

BANGKAPOS.COM-- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung rencananya akan membangun pembangunan Pelabuhan Tuing di Kabupaten Bangka, yang dilakukan secara bertahap. Tahap pertama, pelabuhan akan dibangun menjadi pelahuhan khusus (pelsus).

Selanjutnya, baru kemudian pelabuhan dikembangkan menjadi pelabuhan pengumpan regional hingga menjadi pelabuhan pengumpul.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kepulauan Bangka Belitung Tajuddin kepada Bangka Pos baru-baru ini.

"Tahap pertama ini pelsus. Kemudian akan meningkat menjadi pelabuhan pengumpan regional. Untuk ke depannya akan jadi pelabuhan pengumpul yang nanti bisa melayani peneyebrangan penumpang dan barang sebagai alternatif pelabuhan Pangkalbalam," jelas Tajuddin kepada bangkapos.com.

Menurut dia, perairan Tuing memiliki kedalaman yang layak untuk dilalui kapal-kapal berukuran besar. Sehingga kawasan itu dianggap layak dikembangkan menjadi pelabuhan dengan berbagai klasifikasi dan pengembangannya disesuaikan dengan kebutuhan.

Sebelumnya pemerintah diketahui juga berencana mengembangkan pelabuhan Pangkalbalam ke arah muara Sungai Baturusa.

"Ini kelasnya akan beda, sesuai klasifikasi. Di muara Baturusa itu direncanakan bisa untuk kapal 10.000 dwt ke atas, dia bisa jadi pelabuhan hub. Tuing mungkin untuk kapal yang kapasitasnya hingga 5.000 dwt, kalau Pangkalbalam sekarang kan paling cuma sampai 2000," beber dia.

Sebelumnya diberitakan, Kabupaten Bangka bakal membangun pelabuhan umum untuk membantu distribusi penyalurahan alur mudik kapal ke Pulau Bangka. Lokasi pembangunan pelabuhan berada di Tuing, Desa Mapur Kecamatan Riau Silip Kabupaten Bangka, dengan luas lahan 854 hektar milik pemerintah daerah.

"Pelabuhan itu yang akan membangun dari Provinsi Babel, hanya lahannya Pemkab Bangka yang menyediakan, tetapi masih melakukan survei, masterplannya ada di provinsi, bupati hanya merekomendasikan saja,"kata Bupati Bangka Mulkan kepada wartawan, Selasa (9/8) lalu. (Bangkapos.com/Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved